MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM PADA YATIM DI MASJID JAMI ATUN SOLIHIN JOHAR BARU, JAKARTA PUSAT

Wildan Muttaqin, Muhammad Amaral Fiscal, Muhammad Fachri Fahlevi, Dimas Fahmi Rianto

Abstract


KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan suatu program yang di selenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai bentuk implementasi teologi al-ma’un menuju mahasiswa peduli dan berkemajuan sehingga dapat terlaksananya program KKN ini sesuai dengan lokasi tempat yang sudah ditentukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Program motivasi belajar agama Islam pada anak yatim yang menghadiri Masjid Jami'atun Solihin di Johar Baru. Tema ini ditemukan relevan karena masjid sering berfungsi sebagai pusat keagamaan dan pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar agama Islam pada anak yatim, serta peran masjid dan guru agama Islam. asil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar agama Islam pada anak yatim dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dukungan sosial dari komunitas masjid, kebutuhan akan pemahaman agama, dan harapan untuk mendapatkan kenyamanan emosional melalui agama.


Full Text:

PDF

References


Azizah, N., & Kurniawati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.

Gogik, B. (2023). Belajar sambil bermain dalam meningkatkan psikomotorik anak tk di sekolah maitreyawira. 10(1), 149–159.

Ishak, A. P., Afifah, R. N., & Kamelia, S. Q. (2021). Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Procedings UIN SUNAN GUNUNG DJATI Bandung, 1(87), 138–145.

Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ