Branding Produk Dalam Rangka Meningkatkan Daya Tarik Produk Dan Jasa Di Posko UMKM Subulussalam
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN-UMJ 2023) kelompok Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Rawa Badak melakukan Kerjasama dengan mitra yang berlokasi di Majisd Subulussalam yang dahulunya merupakan
hasil wakaf dari Ibu Hj. Siti Qodriyah. Masjid Subulussalam ini menjadi pusat Lembaga PCA Rawa Badak, PCA Rawa Badak ini memiliki banyak kegiatan yang rutin dilaksanakan. Kegiatan KKN yang dilakukan di Masjid Subulussalam ini pada awalnya dilihat dari potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada disni cukup banyak. Akan tetapi masih belum ada yang dapat mewadahi potensipotensi ini. Maka dengan begitu KKN-UMJ ini melakukan Kerjasama dan membentuk Posko UMKM Subulussalam yang merupakan posko atau pusat UMKM di wilayah tersebut yang terdiri dari beberapa mitra yaitu PCA yang ada di Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Jakarta Timur. Dalam pembentukanya ini tentunya dibutuhkan sebuah identitas untuk melakukan sebuah branding produk, maka dengan begitu mahasiswa KKN membantu dalam pembuatan logo-logo untuk kemajuan posko UMKM tersbut. Setelah di buatkan logo-logo beserta banner maka dengan begitu bisa di kembangkan lagi kedepanya terutama di dunia digital marketing yang nantinya akan bersaing dengan produk-produk lokal lainya. Sebelum masuk kedalam dunia marketing tentunya harus mengathui pentingnya sebuah kemasan produk. Maka mahasiswa KKN melakukan penyuluhan terkait kemasan produk yang sebagai upaya meningkatkan daya tarik konsumen. Penyuluhan tersebut di hadiri oleh beberwapa perwakilan dari pelaku usaha UMKM dari beberapa mitra UMKM. Dalam penyuluhan tersebut peserta di berikan wawasan terkait apa aitu sebuah kemasan produk, lalu apa saja yang perlu di perhatikan dalam kemasan produk dan target konsumen. Pemateri juga memberikan link rekomendasi custom kemasan di Shopee. Hasil dari kegiatan KKN ini adalah terbentukanya Lembaga Poskom UMKM Subulussalam yang menjadi pusat UMKM di Rawa Badak beserta dengan logo-logonya. Manfaat yang di dapatkan waga dapat mengembangkan potensi UMKM menjadi lebih luas seperti digital marketing.
Kata kunci: KKN, Penyuluhan, UMKM, Logo
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2015, April). DJAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul
Nama Rawa Badak. Retrieved 2023 from Kabar24.Bisnis.com: https://kabar24.bisnis.com/read/2015041`7/387/424265/djakartatempo-doeloe-inilah-asal-usulnama-rawa-badak
Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan
Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat DiPerguruan Tinggi. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan Vol.17 No 5, 566.
Fandatiar, G., Supriyono, & Nugraha, F. (2015). RANCANG BANGUN
SISTEM INFORMASI KULIAH KERJA NYATA (KKN) PADA UNIVERSITAS MURIA KUDUS. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 130.
Pangestu, P., & Andriyani, L. (2022). PENINGKATAN KAPASITAS DAN. HAMBARO. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ,2.
UNIVERSITAS STEKOM PUSAT. (2010, September). Ensiklopedia Dunia
Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara. Retrieved 2023 from Ensiklopedia Dunia: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Rawa_Badak_Utara,_Koja,_
Jakarta_Utara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================