PENINGKATAN PEMAHAMAN METODOLOGI PENELITIAN KEPADA PESERTA PRAKTIKUM PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Romlah Romlah, Munifah Bahfen, Siti Shofiyah, Asni Asni, Ummah Karimah, Hafizh Taufiqurohman, Heru Nugroho, Muashaha Nafelia

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk mahasiswa/i yang akan melanjutkan proposal penelitian ke tahap skripsi. Beberapa tahun kebelakang ini kasus mahasiwa/i yang masih belum memahami Metodologi Penelitian pada skripsi dan pembuatan skripsi yang baik dan benar. Faktor tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya minat mahasiwa/i dalam mempelajari lebih dalam mata kuliah Metodologi Penelitian dan kurangnya semangat mahasiwa/i pada pengerjaan skripsi yang hasil baik dan benar. Solusi penanganan kasus ini adalah dengan komunikasi terbuka antara mahasiswa dengan dosen dan berdiskusi bersama antara dosen dan mahasiswa. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan bekal bagi mahasiwa/i agar dapat mengerjakan skripsi dengan baik dan benar. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta dan meminimalisir kurangnya mahasiswa/i dalam memahami Metodologi Penelitian pada skripsi dan pembuatan skripsi yang baik dan benar. Metode yang dilakukan adalah seminar berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta berhasil mengamati dan mendengarkan apa yang disampaikan dengan baik dan selesai.


Full Text:

PDF

References


Ardimen. (2017). Improvement of Professional Competence in Writing Proposal of Candidate for Research Counselors. Islamic Counseling, 1(1), 63–94. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=523751&val=10700&title=

Nurhayati. (2013). Hubungan antara Motivasi dan Kemampuan Akademik dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 171–178. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/download/1290/1251

Nurmina, & Hartati, N. (2017). Perilaku Plagiat Mahasiswa antara Niat dan Keterampilan Menulis. Jurnal RAP UNP, 8(2), 170–179. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/9229/6949

Suhartono. (2014). Pengaruh Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berfikir Kritis, dan Penguasaan Struktur Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Ilmiah (Survey pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 43–65. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/515/490

Supriyadi. (2010). Model Belajar Learning Community untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 17(1), 11–22. Retrieved from http://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/178/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ