SOSIALISASI PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS E-COMMERCE DI SMAIT AN-NAAFI CISEENG, BOGOR
Abstract
Pemberdayaan UMKM kepada remaja dan generasi muda di desa Kuripan Ciseeng menjadi alternative yang baik dalam mengembangkan optimalisasi penjualan UMKM di marketplace. Pasalnya, selain memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian online mitra juga akan mendapatkan keuntungan skala besar dengan hasil penjualan yang berkalilipat melalui e-Commerce. Kegiatan ekonomi masyarakat desa Kuripan di topang oleh pertanian, perkebunan, dan perdagangan, terutama warung kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang berskala kecil. Masyarakat desa Kuripan mempunyai produk unggulan tanaman seperti singkong, sayur-mayur, ternak ayam, ternak ikan lele, ikan hias, rengginang, renggining dan opak. Terdapat beberapa permasalahan yang dialami desa Kuripan dalam pengembangan UMKM, sehingga UMKM belum dapat berkembang secara maksimal terutama dari segi produksi dan pemasaran. Bahkan hasil pertanian masih dijual kepada tengkulak, sehingga hanya memberikan keuntungan sepihak. Secara umum, kondisi desa Kuripan memiliki posisi yang sangat strategis dalam jalur mobilisasi, sumber daya alam yang cukup potensial, sehingga diperlukan upaya yang signifikan dari pemerintah serta stakeholder dalam rangkaian membangun desa menjadi lebih baik. Dengan kepemimpinan kepala desa dan komitmen yang kuat dari seluruh masyarakat desa, maka dapat mencapai kesejahteraan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, B. (2020). Analisis Pangan dan Pertanian. Bogor. IPB Press.
Dan, G., & Branding, P. (2011). Bab 1 globalisasi dan pentingnya branding daerah.
Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170
Izzatusolekha, Andriyani, L., Purnamasari, O., Satispi, E., Hasanah, Meisanti, Jamiati, K.N., Patrianti, T., Sumarni, L. (2022). Pemetaan Potensi Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. UMJ Press, Jakarta. ISBN 9786235523439.
Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Buku Ajar Digital Marketing. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
Meisanti, Andriyani, L., Purnamasari, O., Sularno, Izzatusholekha, Hasanah, Jamiati, K.N., Patrianti, T., Sumarni, L. (2022). Desa dan Pertanian di Wilayah Penyangga Ibu Kota. UMJ Press. Jakarta. ISBN 9786235523460.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================