Pelatihan Coding Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SD di Bimbel HIAMA Bogor

Zulfitria Zulfitria, Yasin Efendi, Mahbubul Wathoni, Nurbojatmiko Nurbojatmiko, Zainal Arif

Abstract


Kemajuan teknologi memberikan dampak positif dan peluang besar untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah memperkenalkan dan mengajari coding kepada anak-anak. Coding sendiri merupakan kegiatan yang di mana programmer memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan melalui sebuah kode di dalam skrip. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Tujuan pegabdian masyarakat ini agar siswa SD mempunyai keahlian coding sehingga mengalihkan bermain gadged denagn membuat game digadgetnya yang itu bermanfaat untuk kecerdasan siswa. Target Luaran penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimulai dengan penelitian pendahuluan, persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, penggujian dan analisis data dan validasi dengan trianggulasi. Dapat disimpulan bahwa pelatihan coding kepada siswa sangat dibutuhkan dan bermanfaat karena siswa dapatmengembangkan kecerdasan emosionalnya ketika sedang bermain coding dengan sabar dantekun mengerjakan system coding yang ada di dalam laptop


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ