PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KELOMPOK PADA KELAS IBU HAMIL DI PUSKESMAS KECAMATAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT

Rusdi Effendi, Dede Renovaldi, Audia Nizhma Nabila, Robertus Surjoseto, Faris Basalamah, Lidya Qanita, Lirisia Eka Nareswari1

Abstract


Pemberdayaan perempuan merupakan aspek krusial dalam inisiatif kesehatan masyarakat, terutama dalam konteks kesehatan ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi interpersonal dan kelompok dalam memberdayakan ibu hamil melalui kelas ibu hamil yang diadakan di Puskesmas Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah (FGD) untuk mengumpulkan data dari para ibu hamil yang mengikuti kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara pendidik kesehatan dan ibu hamil meningkatkan pemahaman peserta tentang kesehatan ibu dan anak. Selain itu, komunikasi kelompok dalam kelas ibu hamil menciptakan dukungan sosial yang kuat di antara peserta, yang berkontribusi pada peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku kesehatan mereka.  Kesimpulannya, komunikasi interpersonal dan kelompok efektif dalam memberdayakan ibu hamil di Puskesmas Johar Baru, dengan rekomendasi untuk meningkatkan pelatihan bagi pendidik kesehatan dan memperluas akses ke kelas ibu hamil di lebih banyak Puskesmas. 


Full Text:

PDF

References


Iswanto, T., & Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Pengetahuan Ibu Hamil dalam Program Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(3), 45-53.

Jaya, M. (2020). Efektivitas Komunikasi Kelompok dalam Pemberdayaan Ibu Hamil: Studi Kasus di Puskesmas. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 8(2), 98-106.

Kurniawati, A., & Lestari, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Ibu Hamil melalui Kelas Ibu Hamil di Puskesmas: Pendekatan Komunikasi Kelompok. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 12(1), 21-30.

Rahmawati, N. (2020). Peran Dukungan Sosial dalam Kelas Ibu Hamil terhadap Kesehatan Maternal. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi, 7(4), 72-80.

Widodo, S., & Pratama, R. (2020). Komunikasi Interpersonal sebagai Faktor Kunci dalam Pendidikan Kesehatan Ibu Hamil. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ