ANALISIS PERSEPSI KEAKTIFAN DAN PERAN DOSEN DALAM PEMANFAATAN E-LEARNING UMJ

Gladys Dwiani Tinovella Tubarad, Ahmad Fikri Adriansyah, Oktarina Oktarina, Belva Elrica Aron

Abstract


Kualitas kesuksesan pembelajaran dengan metode e-learning banyak dilakukan oleh beberapa penelitian, di antara kesuksesan tersebut ada faktor komunikasi antara dosen dan mahasiswa, respon balik dari dosen dan bagaimana dosen memotivasi mahasiswa dengan adanya perubahan metode pembelajaran konvensional menjadi metode e-learning.15 Pendapat ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Taslim bahwa hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kemudahan akses mahasiswa dalam menggunakan metode e-learning (0.001 < 0.05) seperti dalam mengoptimalkan ruang diskusi komunitas yang berhubungan langsung dengan pembelajaran, mereka dapat berdiskusi antar mahasiswa maupun dengan dosen. Dengan demikian proses perkuliahan dapat dilakukan lebih efektif dengan penggunaan e-learning.16 Penelitian lain menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi keterlibatan dosen di e-learning adalah efektivitas manajemen dan budaya kerja yang berlaku di perguruaan tinggi tersebut. Efektivitas manajemen yang dimaksud meliputi persiapan kuliah seperti penjadwalan kelas, bahan ajar dan tujuan pembelajaran. Sedangkan budaya kerja seperti penghapusan hirarki dan membangun kepercayaan antar karyawan dan dosen dapat meningkatkan efektivitas manajemen yang nantinya akan berpengaruh pada keterlibatan dosen di e-learning.17 Penelitian ini merupakan analitik yang menggunakan desain potong lintang (cross sectional). Pada penelitian ini variabel independen diukur distribusi dan frekuensinya dengan analisis univariat. Adapun variabel yang akan diukur dengan analisis univariat adalah variabel karakteristik responden yaitu usia, jenis kelamin, jabatan fungsional, tahun terbit NIDN, Persepsi Keaktifan Dosen dalam E-learning, dan Peran Dosen dalam Pemanfaatan E-learning. Variabel tersebut dianalisis dengan chi square untuk menilai hubungan antar variabel. Sampel dipilih menggunakan metode random sampling dengan penghitungan besar sampel minimal adalah 384 berdasarkan rumus Lemeshow dengan antisipasi sebesar 10% jumlah tersebut sehingga total besar sampel yang dibutuhkan adalah 400 responden. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner. Bagian pertama menjadi alat pengukuran variabel karakteristik responden, bagian kedua digunakan untuk mengukur variabel persepsi keaktifan dosen, sedangkan variabel peran dosen dalam pemanfaatan e-learning dihitung dari statistik pemakaian

Full Text:

PDF

References


Wiswanti C, Belaga SY. Integrasi Nilai Keislaman dalam Proses Pembelajaran di Era MOOC (E-Learning) Melalui Strategi Pre-Post Rules. Jurnal Pendidikan Islam. 2020;11(1):86–99.

Putra DH. Historitas dan Eksistensi, Pesantren, Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta, PT. Tiara Wacana. 2000;

Rohmah L. Konsep E-learning dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal An Nûr. 2011;1(1):255–70.

Kurniawan S. Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Nur El-Islam. 2015;2(2):1–34.

Waller V, Wilson J. A Definition for E-Learning” in Newsletter of open and distance learning quality control. Tersedia: http://www odlqc org uk/odlqc. 2001;(19).

Larasati C. Baru 20 Perguruan Tinggi Terapkan E-learning [Internet]. 2019 [cited 2022 May 8]. Available from: https://www.medcom.id/pendidikan/ne%20ws-pendidikan/8kowxwWk-baru-20-%20perguruan-tinggi-terapkan-e-learning.

Kementrian Komunikasi Informatika. Bangun SDM Unggul, Perluas Akses Pendidikan Tinggi dengan E-Learning. Kominfo. 2020.

Badan Pusat Statistik. Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT) Menurut Provinsi. 2021 [cited 2022 May 8]; Available from: https://www.bps.go.id/indicator/28/1443/1/angka-partisipasi-kasar-apk-perguruan-tinggi-pt-menurut-provinsi.html.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. LMS Perguruan Tinggi [Internet]. 2022 [cited 2022 May 8]. Available from: https://spada.kemdikbud.go.id/course/lmspt.php.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2020 [cited 2022 May 8]; Available from: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud/

Asiah N. Gambaran Proses Pembelajaran E-learning Mahasiswa Fakultas Kedokteran Overview of the E-learning Process of The Medical Students at YARSI University. Majalah Kesehatan PharmaMedika [Internet]. 2020;12(e-learning):54–65. Available from: www.kemdikbud.go.id

Elyas AH. Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta Edisi 56. 2018 Apr;(E-Learning).

Bullen M. E-Learning and the Internationalization Education. Malaysian Journal of Education Technology. 2001;1:37–46.

Beam P. Breaking the Sprinter’s Wrist: Achieving Cost-Effectiveness in Online Learning. In: International Symposium on Distance Education and Open Learning, organized by MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP and UNESCO Tuban, Bali, Indonesia. 1997. p. 17–20.

Samsuddin ME, Khairani NS, Wahid EA, Abd Sata FH. Awareness, motivations and readiness for professional accounting education: A case of accounting students in UiTM Johor. Procedia Economics and Finance. 2015;31:124–33.

Taslim, Toresa D, Syahtriatna. Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). 2017;2(2).

Rizki M, Supriyati Y, Akbar M. Factors Affecting Lecturer Engagement in E-Learning Teaching Method. 2020.

Brown MD. Education World: Technology in the Classroom: Virtual High Schools, Part 1, The Voices of Experience. 2000;

Feasey D. E-Learning. Eyepoppingraphics, Inc. [Internet]. 2001 [cited 2022 May 8]. Available from: Http://Eyepopping. Manilasites. Com/Profiles/

Suhara AM, Firmansyah D, Permana I, Pendidikan F, Indonesia B, Siliwangi I. Pelatihan Pembelajaran E-Learning Socrative Pada Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Subang. 2020;03(02):415–24. Available from: http://dx.doi.org/10.22460/as.v3i2p%25p.3576

Rosenberg MJ. E-learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital. Mcgraw-2001. 2001;

Tambunan H. Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus. 2010;3(02):92–114.

Soekartawi. E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. 2002;

Rubiono G, Finahari N. Dosen: Profil-profil Sederhana Dalam Profesi Yang Rumit. Vol. 1, © Forum Dosen Indonesia. 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia.

Leavit HJ. Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga; 1999. 75 p.

Robins SP. Teori Organisasi, Struktur, Desain, dan aplikasi. 3rd ed. Udaya J, editor. Jakarta: Arcan; 1996. 124 p. Simarmata J. Karakterisistik Dosen Profesional Menurut Mahasiswa: Sebuah Survey Di Fkip Universitas Batanghari.

Khusnul NRI, Suharyadi A. Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. 2021;8(1):34–48.

McCracken H. 8. The Importance of Learning Communities in Motivating and Retaining On-Line Learners. Motivating & retaining adult learners online. 2002;81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ