DIVERSIFIKASI SEBAGAI STRATEGI BAGI PELAKU UMKM DALAM MEMEPRTAHANKAN USAHA PADA UMKM PPMT TANGSEL

Djoko Hananto, Daman Sudraman, Henni Wijayanti

Abstract


Pelaku usaha umkm yang juga bisa disebut sebagai pebisnis tentunya memiliki kebanggaan karena dapat berdiri dikaki sendiri dan menjadi pahlawan karena membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Untuk itu diharapkan usaha yang dilakukan dapat berlangsung dalam waktu lama serta mengalami pertumbuhan dikegiatannya. Berbagai cara dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya berjalan dan mengalami pertumbuhan. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan melakukan diversifikasi produk. PERMASALAHAN yang terjadi pada pelaku usaha adalah belum adanya diversifikasi produk yang dibuatnya. SOLUSI yang diharapkan yaitu memberikan sosialisasi bagi pelaku usaha umkm melakukan diversifikasi dari produk yang dihasilkan, mengingat konsumen yang ada menginginkan sesuatu yang berbeda serta dapat membuat perbedaan dari pesaing yang ada

Kata kunci: diversifikasi_umkm_nilai tambah_inovasi


Full Text:

PDF

References


Carter, S., & Jones-Evans, D. (2020). Enterprise and Small Business: Principles, Practice and Policy. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management. P

Johnson, G., & Scholes, K. (2018). Exploring Strategy Text & Cases.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ