INTEGRASI AI DALAM DIGITAL STORYTELLING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) membuka peluang baru dalam pengajaran bahasa Inggris, terutama melalui metode digital storytelling. Namun, banyak guru yang masih menghadapi kendala dalam mengintegrasikan teknologi ini secara efektif di kelas, termasuk keterbatasan pengetahuan dan pemahaman mengenai potensi AI dalam pengajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada guru-guru di SMP Muhammadiyah Subang mengenai cara mengintegrasikan AI dalam digital storytelling sebagai media pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan menarik. Partisipan juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai penerapan teknologi ini dalam konteks pembelajaran mereka. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru sangat antusias dan lebih percaya diri serta termotivasi untuk menerapkan AI dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui digital storytelling. Kesimpulannya, penyuluhan ini berhasil memperdalam pemahaman para guru mengenai potensi AI dalam pembelajaran bahasa Inggris. Melalui kegiatan ini, diharapkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi AI dapat meningkat, sehingga mereka mampu mendorong kreativitas siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di era kecerdasan buatan. Oleh karena itu, para guru diharapkan mampu mengimplementasikan teknologi ini di kelas guna mendukung pembelajaran yang lebih kreatif, interaktif, dan adaptif sesuai kebutuhan siswa.
Kata kunci: Pengajaran bahasa Inggris, Artificial Intelligence (AI), digital storytelling, pelatihan guru, pembelajaran kreatif
Full Text:
PDFReferences
Lilis Damayanti, Saleh, J., & Gemawati, G. (2023). Pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran model digital storytelling untuk meningkatkan minat belajar seni budaya peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 738-747. https://doi.org/10.31970/pendidikan. v5i3.761
Hava, K. (2019). Exploring the role of digital storytelling in student motivation and satisfaction in EFL Education. Computer Assisted Language Learning, 34(7), 958–978. https://doi.org/10.1080/09588221.201 9.1650071
Hermanto, Y. A. L. (2019). Visual storytelling in folklore children book illustration. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 1(1), 62-70.
Rahimi, M., & Soleimany, E. (2015). The impact of digital storytelling on EFL learners' listening anxiety. Information and Communication Technology in Educational Sciences, 6(1 (21)), 87-111
Idayani, A. (2019). The effectiveness of digital storytelling on students’ speaking ability. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 33-46. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1. 2409
Kallinikou, E., & Nicolaidou, I. (2019). Digital storytelling to enhance adults’ speaking skills in learning foreign languages: A case study. Multimodal Technologies and Interaction, 3(3), 59. https://doi.org/10.3390/mti3030059
Lim, P. R., & Md Noor, N. (2019). Digital storytelling as a creative teaching method in Promoting Secondary School Students’ Writing Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 13(7), 117–125 https://doi.org/10.3991/ijim.v13i07.10 798 Oakley,
G., Wildy, H., & Berman, Y. (2018). Multimodal digital text creation using tablets and open-ended creative apps to improve the literacy learning of children in early childhood Classrooms. Journal of Early Childhood Literacy, 20(4), 655–679. https://doi.org/10.1177/14687984187 79171
Viknesh, N., & Md Yunus, M. (2021). A Systematic review of digital storytelling in improving speaking skills. Sustainability, 13(17), 9829. https://doi.org/10.3390/su13179829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================