PELATIHAN PEMBUATAN BUSY BOOK DAN BUSY CUBE DARI BARANG BEKAS PADA GURU PAUD UNTUK MELATIH SENSORI DAN MOTORIK ANAK

Ririn Widiyasari, Arlin Astriyani, Rahmawati Rahmawati, Devina Anindya Kirana

Abstract


Busy Book merupakan salah satu jenis mainan edukatif yang terdiri dari berbagai aktivitas dan permainan yang dirancang untuk merangsang perkembangan kognitif dan motorik anak-anak usia dini. Dalam kegiatan pelatihan busy book, pemateri merancang teknik-teknik pembuatan busy book kepada guru PAUD dan TK Labschool. Pembuatan busy book melibatkan berbagai bahan bekas seperti kain, kertas, kancing, resleting, dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya. Tim pengabdi memberikan panduan langkah- langkah kepada peserta pelatihan, mulai dari perencanaan desain hingga proses pemotongan, pengeleman dan penjahitan. Hasil dari kegiatan ini didapatkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menciptakan mainan edukatif yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak usia dini. Selain itu, guru yang mengikuti pelatihan juga mendapatkan manfaat signifikan, seperti kreatifitas dalam membuat media pembelajaran dan kemampuan untuk menstimulus keterampilan motorik anak. Kegiatan pelatihan busy book ini dapat mencakup analisis tingkat keberhasilan dan kepuasan peserta, serta dampak positif yang dihasilkan dalam perkembangan anak-anak. Kegiatan pelatihan pembuatan busy book dan busy cube merupakan salah satu contoh nyata bagaimana kreativitas dan inovasi dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, harapannya media busy book dan busy cube dapat memudahkan anak-anak belajar dan melatih sensori motorik mereka.

Kata kunci: busy book, busy cube, sensori, motorik


Full Text:

PDF

References


Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dan perkembangan kognitif anak usia dini (Studi Pada Anak Kelompok A PAUD Kota Bengkulu). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. 11(1), 50–63. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368.

Asiah, N., David, W., & Widiastuti, T. (2020). The Knowledge Transfer of Female Micro Enterprises through Community-Services University Training Programs. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.30653/002.202051.260.

Febrianti, R., Suarta, N., & Jaelani, A. K. (2023). Pengembangan Busy Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2748.

Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & ‘Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789.

Knauer, H. A., Jakiela, P., Ozier, O., Aboud, F., & Fernald, L. C. H. (2020). Enhancing young children’s language acquisition through parent–child book-sharing: A randomized trial in rural Kenya. Early Childhood Research Quarterly, 50, 179–190. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.01.002

Lela, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Play Group Islam Bina Balita Way Hhalim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Skripsi. https://doi.org/10.1542/peds.2006- 2099.

Mafulah, S dan Purnawati, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Busy Book Berbahan Flannel pada Guru TK AlGhaffar Desa Mulyoagung Kecamatan Dau. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (2),102-109. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2109.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dini di PAUD Swadaya PKK. Metamorfosa Journal, 5(2), 146– 155. https://doi.org/10.1017/CBO97811 07415324.004

Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok b1 di ra panglima sudirman sumbersekar dau malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2).

Sundayana, Rostiana. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Bandung: Alfabeta. (Diakses 8 Februari 2024.)

Siarni, M.P, & Arman. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 2015, 3(2), 94–104. https://doi.org/ISSN 2354-614X.

Yulianto, T. (2018). Efektifitas media pembelajaran busy book terhadap kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas x di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 748–763. https://journal.student.uny.ac.id/plb/article/view/12285/11837


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ