SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL PADA GURU SDN BABAKAN 02
Abstract
Kemajuan teknologi menuntut tenaga pendidik untuk mampu beradaptasi dan memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran. Sosialisasi penggunaan aplikasi Wordwall ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital para guru SDN Babakan 02 dan membantu mereka mengembangkan media pembelajaran interaktif. Kegiatan ini melibatkan 20 orang guru dan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu pemberian materi, demonstrasi, praktik kelompok, dan diskusi. Aplikasi Wordwall dipilih karena menyediakan berbagai template permainan edukatif yang mudah digunakan dan dapat diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru mampu memahami dan mempraktikkan penggunaan Wordwall untuk membuat konten interaktif yang menarik. Antusiasme peserta sangat tinggi, meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan akses internet. Kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan para guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran. Tindak lanjut berupa pembentukan komunitas belajar dan pendampingan jarak jauh diharapkan dapat memastikan aplikasi Wordwall diterapkan secara berkelanjutan. Dengan demikian, Wordwall diharapkan dapat berkontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa.
Kata kunci: Sosialisasi, Aplikasi Wordwall, Guru SDFull Text:
PDFReferences
Hidayat, R., & Fauzi, I. (2020). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran: Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 45-54.
Mendikbud. (2020). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utami, D. P. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Solusi untuk Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 230-240.
Yustika, D. A., & Marlina, L. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi: Penerapannya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 67-78.
Zaharah, Z., Kirana, M., & Putri, F. (2020). Teknologi Pendidikan: Dampaknya terhadap Interaksi Guru dan Siswa di Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 320-330.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================