PENYULUHAN BAHAYA MEDIA SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK DI SDN CILANDAK BARAT 17 PAGI

Syaikhon Thobibi, Baikuniyyah Baikuniyyah, Mayrianda Faliza, Adlan Fauzi Lubis

Abstract


Di era modern ini penggunaan sosial media sangat berperan penting bagi dunia pendidikan. Era digital tidak hanya mempunyai dampak positif namun juga mempunyai dampak negatif. Jadi, seharusnya butuh pengawasan serta bimbingan dari orang tua ataupun pendidik supaya dampak positif dari sosial media dapat diterima dengan baik bagi anak bangsa. Menurut beberapa penelitian yang terbaru, banyak anak-anak yang termasuk dalam kategori kecanduan memakai handphone terutama penggunaan media sosial dan semakin meningkat dengan kecanduan yang paling ringan maupun paling berat. Media sosial dipilih karena resiko dan bahayanya lebih besar untuk anak-anak karena sifat komunitas online tidak interaksi secara langsung dan anonim. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan lima tahapan yaitu, tahap Perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap mengerjakan soal atau latihan di akhir materi dan tahap monitoring dan pendampingan.  Hasil kegiatan penyuluhan menunjukkan bahwa para peserta didik SDN Cilandak Barat 17 Pagi bermain media sosial antara enam hingga delapan jam setiap harinya, sehingga jauh melebihi yang direkomendasikan oleh WHO dan kurangnya pendampingan orang tua terhadap pengawasan anak-anak dalam menggunakan media sosial. Kegiatan ini menyarankan beberapa hal untuk para peserta yaitu untuk mendorong keterbukaan para siswa terhadap media sosial apa saja yang mereka gunakan, berhati-hati terhadap data-data pribadi ketika berada dalam media sosial serta mendorong para siswa untuk menjadi kreator dengan menciptakan konten-konten kreatif daripada menjadi konsumen media yang pasif.

Kata Kunci: Media Sosial, Bahaya Penggunanaan, Siswa


Full Text:

PDF

References


Fajar, Muhammad, and Hadi Machmud, ‘Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar’, Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1.1 (2020), p. 46, doi:10.31332/dy.v1i1.1822

Muhammad Ismail, ‘Sosialisasi Dampak Penggunaan Sosial Media Terhadap Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar’, MITITA JURNAL PENELITIAN, 1.2 (2023), pp. 62–70

Nadiva Putri Ananda, ‘Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan Di SD’, Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3.1 (2024), pp. 71–78, doi:10.55606/protasis.v3i1.139

Putri Salma Nur Hidayah, Alya Isni Abdilah, Muhammad Taufiq Ubaidillah, and Hendri Hermawan Adinugraha, ‘Sosialisasi Bahaya Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 09 Wanarejan Utara’, Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3.2 (2022), pp. 60–65


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ