STRATEGI DIGITALISASI DAN BRANDING PRODUK MELALUI E-KATALOG DAN PACKAGING DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KREATIF DI DESA TRANGSAN

Ade Kurniawan, Angkasa Putra Mandala Guna, Nadia Lestari, Halimah Sadiyah, Sita Karisma, Evi Nur Latipah, Hanifah Az Zahra, Yenni Yulianti Nur Jannah

Abstract


Desa Trangsan di Kabupaten Sukoharjo memiliki reputasi sebagai pusat kerajinan rotan yang telah memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Namun, pelaku UMKM home industri di desa ini masih menghadapi kendala dalam memanfaatkan teknologi digital untuk branding dan pemasaran produk, terutama adanya keterbatasan pengetahuan teknologi. pengabdian ini memberikan pengetahuan bagaimana digitalisasi, melalui e-katalog dan pengembangan packaging, dalam meningkatkan daya saing UMKM di Desa Trangsan. Kegiatan kkn ini dilakukan Menggunakan metode kualitatif, yang dimana melibatkan observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan 25 pelaku UMKM yang bergerak di sektor jasa, kuliner, dan kerajinan rotan. Penggunaan e-katalog dapat membantu meningkatkan jangkauan pasar dan memudahkan konsumen untuk mengakses informasi produk secara lebih efektif dan efisien.. strategi digitalisasi dan branding melalui e-katalog serta pengembangan packaging dapat memperkuat daya saing UMKM di Desa Trangsan dan mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui pemasaran digital yang lebih efisien. Selama kegiatan KKN MAs berlangsung kami peserta KKN MAs kelompok 11 memberikan pendampingan pada UMKM home industry  sehingga semoga dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM.

Kata Kunci: Branding, Desa Trangsan, Digitalisasi, E-Katalog, Ekonomi Kreatif, UMKM


Full Text:

PDF

References


C. W. A. P. O. M. L. Rizki Agam Syahputra, “Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis,” Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 521–527, 2023.

A. Jayati, I. H. A. Gofar, Chintya Siska Febrina, and Dwita Razkia, “Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Kerupuk Rambak RW 15 Kelurahan Rejosari,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 2, pp. 163–167, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i2.3108.

K. R. Iryana, “Teknik Pengumpulan Data,” vol. 21, no. 58, pp. 99–104, 1990, [Online]. Available: https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989

Wibisono, D. (2020). Strategi Branding Produk UKM di Tengah Persaingan Pasar Global. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 35(2), 178-190.

Sari, A. P., & Rahmawati, R. (2019). Peran Desain Visual dalam Branding Produk Lokal di Industri Kreatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(1), 44-55

Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th Edition). Pearson

Haryanto, T. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Katalog terhadap Peningkatan Penjualan Selama Pandemi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(3), 101-112.

Huang, Z., Benyoucef, M., & Roubaud, D. (2019). E-commerce Recommendations in E-catalogs: The Role of Online Customer Reviews. Electronic Commerce Research and Applications, 34, 100824


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ