PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SECARA ONLINE UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN

M Nishom, Dyah Apriliani, Slamet Wiyono

Abstract


SMK Islamiyah Adiwerna merupakan salah satu satuan pendidikan atau sekolah swasta di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang memiliki prestasi, sarana prasarana yang cukup, dan ketersediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang memadai. Namun, kuantitas PTK tidak dapat dijadikan patokan untuk pengembangan kualitas pendidikan, melainkan harus diimbangi dengan kualifikasi akademik dan kompetensi yang cukup. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK Islamiyah Adiwerna, selain dukungan sarana dan prasarana yang baik, tenaga PTK yang memadai serta kualifikasi dan kompetensi PTK yang baik, masih diperlukan juga sistem pelayanan yang baik. Permasalahan yang ada di sekolah ini antara lain belum digunakannya sistem informasi pengelolaan hasil belajar siswa yang terintegrasi dengan database terpusat, sehingga hal ini berdampak kurang baik terhadap efektifitas dan efisiensi waktu pengelolaan hasil belajar siswa oleh PTK. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat “Pemanfaatan Teknologi Informasi Secara Online untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan” menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang terbagi menjadi tiga sesi, yaitu: di hari pertama dilakukan sesi pelatihan penggunaan sistem kepada Admin atau bidang Akademik, dan di hari kedua dilakukan sesi pelatihan penggunaan sistem kepada guru, wali kelas, dan siswa. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka PTK dapat mengelola data pokok pendidikan dan dapat dengan mudah melakukan rekapitulasi hasil belajar siswa secara terintegrasi. Selain itu, PTK juga dapat dengan mudah melihat serta mencetak rapor dan leger, sehingga memudahkan mereka dalam melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Dalton, Steve. 2007. Financial Applications using Excel Add-in Development in C / C++. New Jersey : John Wiley & Sons. ISBN:978-0-470-31904-8.

Kemdikbud, 2019, SMK Islamiyah Adiwerna. kemdikbud.Website: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/5EC9FE25CF9B4F1D00A7, diakses tanggal: 15 Maret 2019.

Kemendikbud, 2018, Direktorat Pembinaan SMK merilis e-Rapor versi 4.1.0. Website: https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4051/direktorat-pembinaan-smk-merilis-e-rapor-versi-410, diakses tanggal: 15 Maret 2019.

Nuryanto, 2012, Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, PT Balai Pustaka (Persero), Jakarta.

Pemerintah RI, 2015, Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, Jakarta.

Sutjipto, 2016, Pentingnya Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 235-260.

Permendikbud, 2013, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013, Jakarta.

Sasmito, G.W., Apriliani, D., Nishom, M., 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Penguatan Home Industri Di Kelurahan Pesurungan Lor, Kota Tegal, Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 21-25.

Sutabri, 2012, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ