EDUKASI CESPLENG (CEGAH STUNTING ITU PENTING) DAN SKRINING STUNTING DI POSYANDU DOKTREN 2 KECAMATAN CIKELET KABUPATEN GARUT

Walliyana Kusumaningati, Nunung Cipta Dainy, Rosyanne Kushargina

Abstract


Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak bayi usia di bawah lima tahun yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis sehingga tinggi badan anak tersebut tidak sesuai dengan usianya. Permasalahan stunting di Kabupaten Garut memiliki prevalensi tertinggi se-Kabupaten Jawa Barat. Kegiatan edukasi Cespleng (Cegah Stunting itu Penting) dan skrining stunting bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pengertian stunting, penyebab dan akibat dari stunting, pencegahan stunting, pedoman gizi seimbang, dan mengetahui status gizi balita di Desa Cikelet. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2018, pada 33 ibu dengan balita di Posyandu Doktren 2 Desa Cikelet Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Kegiatan yang dilakukan antara lain skrining stunting balita dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan balita, penyuluhan, dan pemberian makanan tambahan untuk balita. Hasil dari kegiatan ini adalah ibu dengan balita mendapatkan edukasi pentingnya pencegahan stunting sejak masa sebelum merencanakan kehamilan dan diketahui terdapat 1 balita gizi buruk dan 6 balita stunting. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi terkait pencegahan stunting sejak dini sangat diperlukan untuk menambah wawasan para ibu dengan balita di Desa Cikelet Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Serta skrining stunting pada balita dapat memberikan informasi terkait kondisi status gizi balita di Desa Cikelet agar selanjutnya dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait. Diharapkan edukasi Cespleng dan skrining stunting dapat rutin dilaksanakan di setiap Posyandu untuk mendukung pencegahan stunting.


Full Text:

PDF

References


Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI. (2016, Desember Rabu). Article. Diakses dari depkes.go.id. http://www.depkes.go.id/article/view/16122100005/perbaikan-gizi-untuk-generasi-agar-mampu-menangkan-persaingan.html

Hapsari, W. (2018). Hubungan Pendapatan Keluarga, Pengetahuan Ibu tentang Gizi, Tinggi Badan Orang Tua, dan Tingkat Pendidikan Ayah dengan Kejadian Stunting pada Anak Umur 12-59 Bulan. Surakarta: Program Studi Pendidikan Dokter FK UMS.

Iqbal, M., & Puspaningtyas, D. E. (2018). Penilaian Status Gizi : ABCD. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Medika.

KEMENKES RI. (2013). RISKESDAS 2013. Jakarta: KEMENKES RI.

KEMENKESRI. (2013). Pedoman Perencanaan Gizi Tingkat Desa. Jakarta: Direktorat Bina Gizi KEMENKES RI.

KEMENKESRI. (2014). Pedoman Teknis Pemantauan Status Gizi. Jakarta: DIREKTORAT BINA GIZI KEMENKES RI.

Loya, R. R., & Nuryanto. (2017). Pola Asuh Pemberian Makan pada Balita Stunting Usia 6-12 Bulan di Kabupaten Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur. Journal of Nutrition College, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017, Halaman 83-95.

Menteri Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: KEMENKES RI.

Nadiyah, Dodik Briawan, Drajat Martianto. (2014). Faktor Risiko Stunting pada Anak Usia 0-23 Bulan di Provinsi Bali, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Jurnal Gizi dan Pangan. Juli 2014, 9(2): 125-132

Nurgina, Eny Dwi Mawati, Ichayuen Avianty. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Balita Usia 24-59 Bulan di Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Vol.2 No.4 Agustus 2019.

Pritasari, Damayanti, D., & Lestari, N. T. (2017). Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: KEMENKES RI.

Putri, Rona Firmana, Delmi Sulastri, Yuniar Lestari. (2015). Faktor-Faktor yang Ebrhubungan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. Volume 4 No.1

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. (2017). 100 Kabupaten/Kota prioritas untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting) : Ringkasan. Jakarta Pusat: Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia.

UNICEF. (2012). Levels & Trends in Child Malnutrition : Organizations and individuals involved in generating the joint estimates on child malnutrition. New York: WHO.

WHO. (2013). Childhood Stunting: Challenges and Opportunities (Report of Colloqium). Geneva: WHO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ