PKM APLIKASI SKRINING TUMBUH KEMBANG ANAK DI PAUD KELURAHAN PENGGILINGAN KECAMATAN CAKUNG JAKARTA TIMUR

Rully Mujiastuti, Emi Susilowati, Sitti Nurbaya Ambo, Sugiartowo Sugiartowo

Abstract


Usia tiga hingga enam tahun adalah usia emas bagi kehidupan seorang anak. Di usia ini, menjadi titik kritis dalam pembentukan karakter dan pertumbuhan otaknya, sehingga harus dapat dipantau dengan baik. Banyak faktor yang terkait hal tersebut, di antaranya adalah pola asuh keluarga, kondisi lingkungan dan pendidikan. Orang tua sebagai orang yang terdekat dalam keluarga, mengambil peran terpenting, karena waktu kebersamaannya lebih banyak dan tanggung jawab atas kehidupan sang anak juga lebih besar. Sementara kerabat, teman juga punya peran tersendiri bagi anak yang dapat mempengaruhi perkembangan karakternya. Selain itu, kehadiran seorang guru dalam lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga dapat mewarnai kehidupan seorang anak. Guru dapat berperan sebagai pembimbing, pendidik, orang tua sekaligus teman bagi sang anak. Peran-peran tersebut, secara tidak langsung dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Tim memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menstimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak kepada  guru PAUD di lingkungan Kelurahan Penggilingan. Bentuk yang dilakukan berupa penyuluhan, seminar dan pelatihan langkah stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak menggunakan skrining pertumbuhan dan perkembangan yang terdapat pada aplikasi SDIDTK. Targetnya adalah jika terjadi penyimpangan tumbuh kembang anak dapat diketahui sejak dini, dan diberikan stimulasi serta intervensi agar anak dapat tumbuh dengan sehat dan berkembang otaknya dengan matang. Kegiatan ini sebagai bimbingan teknologi yang diharapkan dapat membantu Guru PAUD dalam melakukan pemantauan dan pengawasan tumbuh kembang anak sesuai dengan usia anak.


Full Text:

PDF

References


Asyrofi Abdusani, R. M. (2018). Sistem Stimulasi,Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Berbasis Android Menggunakan Metode Forward Chaining. Jakarta: Teknik Informatika UMJ.

Emi Susilowati, R. M. (2018). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Untuk Perkembangan Anak Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Tq. Bunayya Di Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur. Ikraith – Informatika, 33-41.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 1995/MENKES/SK/XII/2010, Tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Buku Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66. (2014). Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan Dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta.

Rully Mujiastuti, A. A. (2018). Sistem Pakar Untuk Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Metode Forward Chaining. Semnastek 2018. DKI Jakarta: FT UMJ.

Rully Mujiastuti, Sitti Nurbaya Ambo, Emi Susilowati. (2018). IbM GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) AS SALAM DAN HARAPAN KITA DI KELURAHAN PENGGILINGAN JAKARTA TIMUR. Abdimas Vol 5 No 1. pp. 319-323


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ