ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI BARANG BEKAS

Widia Winata, Hasanah Hasanah, Anjeasy Anjeasy, Dessy Fitriawaty, Wildatun Hasanah, Dessy Octavianti

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan manfaat keilmuan dan pengalaman yang dikaji di perguruan tinggi kepada masyarakat umum. Teori yang dibahas dalam bangku perkuliahan mahasiswa selayaknya memiliki nilai singgung yang erat dengan kebutuhan masyarakat yang ada di lapangan. Sinergi ini diharapkan mampu memberikan nilai bagi perkembangan dan kemajuan bangsa ini di masa sekarang dan masa yang akan datang. Secara spesifik pengabdian ini mengambil fokus pada pemanfaatan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, bahkan dibuang di sembarang tempat. Barang-barang tersebut didesain menjadi alat permainan edukatif yang dapat dijadikan media pembelajaran di kelas anak usia dini. Pembuatan alat permainan edukatif mengacu pada kemampuan pendidik menuangkan berbagai aspek pengembangan anak yang seharusnya bisa distimulasi melalui media tersebut. Kepentingan ini memicu dosen dan mahasiswa untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada guru-guru di Taman Kanak-kanak (TK). Tim pengabdi yang terdiri dari dua orang dosen dan empat orang mahasiswa, mengambil kegiatan dengan metode pelatihan membuat Alat Permainan Edukatif (APE) dari barang bekas. Langkah awal yang dilakukan tim adalah melatih guru-guru yang ada di dua TK mitra sebanyak 20 orang. Setelah guru menguasai cara membuat APE, maka kegiatan dilanjutkan pada pelatihan  membuat APE tersebut dengan guru lain yang berada di luar TK mitra. Realisasi berbagi ilmu dan pengalaman ini dibuat dalam bentuk pelatihan setengah hari dengan jumlah peserta 30 orang guru se-Kecamatan Cileungsi. Cakupan yang luas ini memungkinkan tersebarnya keilmuan kepada masyarakat secara luas dalam bentuk luaran jasa pelatihan, produk APE, CD yang di-KI-kan.


Full Text:

PDF

References


Data Bulanan Bank Sampah Griya Alam Sentosa, Oktober 2013

Data Dinas Kebersihan DKI Jakarta, (2007), http://inswa.or.id/wp-content, (diakses 21 November 2013)

Megawangi, Ratna dkk, (2004). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan; Penerapan Teori DAP, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,Pasal 1 Nomor 9.

Winata, Winata, (2013), Bahan Seminar dan Pelatihan Peningkatan Kreativitas Guru PAUD Kecamatan Cileungsi, 29 September 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ