UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DI IKM BAKPAO XYZ

D. L. Trenggonowati, Kulsum Kulsum, P. B. Katili, A. Ridwan, M. Ulfah, Y. Muharni, P. F. Ferdinant, E. Febianti, A. Gunawan, N. Wahyuni

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat tidak lepas dari peranan usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM). Peranan UKM dan IKM untuk perekonomian Indonesia memiliki peranan yang besar untuk menyediakan lapangan pekerjaan, pembangunan ekonomi pedesaan, sekaligus pemerataan pendapatan. Hal ini mendorong perlunya peningkatan IKM secara bertahap dan berkesinambungan, yang artinya perlu dilakukan peningkatan daya saing dari tingkat yang paling dasar, yaitu memenangkan persaingan daya saing UKM/ IKM di tingkat lokal. Salah satu IKM yang bisa diunggulkan adalah IKM dalam bidang kuliner. Cita rasa kuliner yang masih sangat minim pengembangannya adalah produk kuliner tradisional, salah satunya adalah produk bakpao. Permasalahan utama yang diidentifikasi di IKM BAKPAO XYZ adalah ketika proses pembuatan adonan bakpao masih dilakukan secara konvensional dengan tangan. Proses ini membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang tidak sebentar yaitu  ±1 jam. Kemasan bakpao juga masih nampak sangat sederhana dengan menggunakan kertas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diusulkan adanya penerapan teknologi untuk menguleni dan menghaluskan adonan sehingga dapat memastikan adonan siap dibentuk. Kemasan bakpao juga diberikan nilai tambah yang menarik dan lebih menjual. Kemasan dibuat dari bahan bahan plastik dengan menambahkan keterangan nama PAO IKM BAKPAO XYZ berikut logonya, keterangan varian rasa, dan alamat kontak IKM PAO XYZ.


Full Text:

PDF

References


Artiningsih. N. K. A. (2015). Penerapan Penggunaan Mixer pada Industri Donat di Bawen Kabupaten Semarang. Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas IMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas.

Ayustaningwarno, F. (2014). Teknologi Pangan. Graha Ilmu.

Bahalwan, F. (2014). Roti Empuk (Resep Dasar Roti). NCC Indonesia in Bread Recipe.

Faridah dkk. (2008). Patiseri. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Fennema, O. R. (1996). Food Chemistry. Third Edition. University of Wiscorsin Madison. New York.

Iryanti, R. (2017). Intervensi Program untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. Jakarta: Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Deputi Kepala Bappenas.

Laporan Analisis Daya Saing UMKM di Indonesia (2014). Jakarta: Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Desember 2014.

Nugraha, H. S. (2017). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 1 Maret 2017 : 16 – 23.

Nu’man, A. H. (2015). Kebijakan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Sebagai Upaya untuk Menghadapi Era Perdagangan Bebas. Jurnal PKM Volume XXI No. 3 Juli – September 2005 : 388 – 41

Rahmat, D. (2006). Perancangan Alat Pengulen Adonan Roti Semiotomatis. PKMT 2–11–1.

Ridwan, M. (2014). Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Jurnal Administrative Reform, Vol. 2 No. 2 Tahun 2014 : 187 – 199.

Sunami, A. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pengolahan Kue dan Roti melalui Model Pembelajaran Bekerja Langsung (Learning By Doing) di Kelas X PATISERI Program Keahlian Tata Boga SMK Negeri 3 Pati Tahun 2010. TEKNOBUGA Volume 1 No. 2 – November 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ