EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PRAKTEK CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA ANAK-ANAK DI TK AL-KHOIROT KELURAHAN PONDOK JAGUNG TIMUR

Dania Yisria Maulida, Ernyasih Ernyasih, Andriyani Andriyani

Abstract


Salah satu kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa edukasi dan pendampingan praktek Cuci tangan pakai sabun di Kelurahan Pondok jagung timur, Serpong utara. Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan anak mengenai Cuci tangan pakai sabun dan dapat menerapkannya disekolah maupun dirumah.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan mengenai Cuci tangan pakai sabun dan mendampingi anak-anak dalam praktek Cuci tangan pakai sabun. Hal ini menapat respon yang baik dan positif dari guru dan anak-anak karena sangat berguna bagi anak-anak agar mengetahui tentang Cuci tangan pakai sabun yang benar.


Full Text:

PDF

References


Amareta, D. I. (2017). Peningktan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah dengan Metoda Emo Demo. Sanitasi, Jurnal Kesehatan Lingkungan Volume 9 Nomor 2.

Depkes, R. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku HIdup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta.

Retno, (2013). Hubungan Antara Perilaku mencuci Tangan dengan Insiden Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan volume 4 nomor 2.

Kartika, M. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Volume 4 Nomor 5.

Kasuhadi, O. A. (2018). Pengaruh Penyuluhan Kebersihan Tangan (Hand Hygine) Terhadap Perilaku Siswa SD GMIM 76 Maliambao Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Volume 7 Nomor 5.

Kemenkes, R. (2018). Pengembangan Pedoman Sanitasi di Sekolah Dasar. Jakarta.

Natsir, M. F. (2018). Pengaruh Penyuluhan CTPS Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK) Volume 1, Edisi 2 .

Retno dkk, P. (2013). Hubungan Antara Perilaku Mencuci Tangan dengan Insiden Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan Volume 4 Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ