PELATIHAN INTERNET OF THINGS (IOT TRAINER) BERBASIS ESP8266 PADA SMK AL-MUHADJIRIN BEKASI

Mauludi Manfaluthy, Risma Ekawati

Abstract


IoT adalah evolusi berikutnya dari Internet dan berpotensi besar dapat mengubah kehidupan dan industri secara drastis. Di Era baru akan segera dimulai di mana benda yang biasa digunakan sehari-hari akan dilengkapi dengan konektivitas ke jaringan Internet yang memungkinkan benda-benda tersebut dapat mengirim maupun menerima data tanpa interaksi dari manusia. Di Indonesia berdasarkan survei dari Asia IoT Business Platform pada tahun 2017 lalu, baru 11,8% pelaku bisnis di Indonesia yang sudah mengimplementasikan IoT di bisnis mereka dan 5,1% yang sudah menerima manfaat dari implementasi IoT. Beberapa faktor yang menjadi hambatan bagi para pelaku bisnis dalam mengimplementasikan IoT adalah biaya yang mahal, masalah keamanan, ketidaksesuaian dengan sistem lama, sistem yang kompleks, dan belum tersedianya sumber daya manusia yang memahami IoT. Secara umum dapat dikatakan, ekosistim dari IoT belum terbangun secara menyeluruh baik dari dunia pendidikan untuk mempersiapkan sumber daya manusianya dan industri yang masih tarik ulur untuk terjun ke IoT dengan mempertimbangkan banyak hal diatas. Program Kemitraan Masyarakat ini berusaha untuk menjembatani kebutuhan sumber saya manusia dibidang IoT khususnya di tingkatan SMK, dengan jalan membangun dan memberikan pelatihan melalui IoT Trainer Kit yang diharapkan  dapat memberikan dasar-dasar dari teknologi IoT yang kita  butuhkan dalam memulai pengembangan IoT. Pelatihan solusi-solusi IoT yang mencakup dasar-dasar untuk perangkat keras (sensor, pengontrol, aktuator) maupun perangkat lunak ini memungkinkan developer di tingkatan siswa-siswi SMK di wilayah Bekasi untuk menciptakan solusi baru dibidang IoT. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukan kemampuan siswa-siswi SMK AlMuhadjirin dapat menggunakan IoT trainer dengan baik, dari perakitan hardware, coding software sehingga menghasilkan output dari modul-modul pelatihan yang ditargetkan.


Full Text:

PDF

References


Indonesia IoT report: http://iotbusiness-platform.com/past-events/2017-indoensia-report/

Cloud IoT solution: https:// cloud.google.com/solutions/iot/kit/

Arief Marwanto (2017). Seminar Internet of Things for better lives, Program Pasca Sarjana Teknik Elektro,UNISULA

Mauludi Manfaluhty, Sinka Wilyanti, Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta, Pelatihan Platform Arduino Untuk Fungsi Switching, Monitoring dan Pengontrol Bagi SMK di Wilayah Bekasi, Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks , Vol 4. No. 1 Juni 2018 Hal 44-64 e- e-ISSN:2528-116X p-ISSN:2527-5216.

Trend IoT menurut Cisco : http://www.cisco.com/web/solutions/trends/iot/overview.html

Windows http://www.microsoft.com/en-us/server-cloud/internet-of-things.aspx

Intel https://software.intel.com/en-us/iot/home

Internet Of Things, Panduan Lengkap membuat Internet of Things, Oktober,2016

Budi Artono, Rakhmad Gusta Putra Politeknik Negeri Madiun, Pelatihan dan pembuatan internet of things untuk lampu hias ruang tamu dengan bahan paralon bekas di kelurahan kedung bunder, kecamatan sutojayan kabupatan Blitar propinsi Jawa Timur. , J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 6, Nomor 2, Desember 2018: 63 - 69 E-ISSN: 2613-9103

Muhammad Febri Wardiyanto, Eppy Yundra Teknik Elektro, Pengembangan Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran system control terprogram di SMK Negeri 1 Jengangan Ponorogo, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 08 Nomor 01 Tahun 2019, 139 – 148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ