PENERAPAN BIOTEKNOLOGI PUPUK ORGANIK DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN FAJRUL KARIM, CINANGKA, SERANG BANTEN

Indah Damayanti, Indar Kustiningsih, Denni Kartika, Levina Mandalagiri, Euis Uswatun Hasanah

Abstract


Kemandirian pangan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan di Pondok Pesantren karena kebutuhan dasarnya akan pangan terpenuhi. Pertanian terpadu yang menggabungkan unsur peternakan, perikanan dan pertanian itu sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan sehingga kebutuhan akan ikan, daging dan sayuran tidak perlu lagi membeli dari luar. Dalam pertanian terpadu ini, sampah-sampah organik dari dapur dan kotoran hewan ternak dijadikan pupuk organik dengan memanfaatkan bioaktivator sederhana sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan murah. Tujuan dari pengabdian masyarakat Magister Teknik Kimia di Pesantren Fajrul Karim adalah membimbing dan memberikan pengetahuan mengenai bioteknologi dalam pembuatan pupuk organik sehingga  Pesantren Fajrul Karim dapat memproduksi sendiri kebutuhan pupuk untuk pertaniannya. Pembinaan secara langsung melalui pembelajaran bersama, berdiskusi dalam grup, praktek pembuatan pupuk dan praktek pemanenan pupuk adalah metode yang dilaksanakan. Dari hasil pembinaan yang dilaksanakan selama pengabdian masyarakat, semua santri paham tatacara pembuatan pupuk organik dan dapat melaksanakan pembuatannya dengan baik. Kegiatan lanjutan dari pengabdian masyarakat ini akan terus dilaksanakan sehingga Pesantren Fajrul Karim selain dapat berswasembada sayuran juga dapat memasarkannya keluar Ponpes.


Full Text:

PDF

References


Hadiwidodo M, Sutrisno Endro, Handayani S.D, Febriani Putri M.(2015).Studi Pembuatan Kompos Padat Dari Sampah Daun Kering TPST UNDIP dengan Variasi Bahan Mikroorganisme Lokal (MOL)Daun. Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamdiani, S, Ismillayli, N, Raudhatul Kamali S, Hadi S (2018). Pengolahan mandiri limbah organik rumah tangga untuk mendukung pertanian organik lahan sempit. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 151-154. Retrieved from J. Pijar MIPA, Vol. 13 No. 2, September 2018

Hartatik Wiwik, Husnain, Widowati RL.2015.Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman.Bogor.Balai Penelitian Tanah.

Jalaludin, ZA Nasrul, Syafrina R. 2016. Pengolahan Sampah Organik Buah-buahan Menjadi Pupuk dengan Menggunakan Metode Efektive Mikroorganisme.Jurnal Teknologi Kimia Unimal Vol 5:1hal 17-29.

Mulasari, S.A., Husodo, A.H., & MUhadjir.N. (2014). Kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sampah domestik. Kesmas : National Public Health Journal, 8(8), 404-410

Riyanti Shoni, Purnamawati Heni, Sugiyatna. 2015.Pengaruh Aplikasi Pupuk Organik Dan Pupuk Hayati Serta Produksi Pupuk NPK Terhadap Ketersediaan Hara dan Populasi Mikroba Tanah Pada Tanaman Padi Sawah Musim Tanam Kedua di Karawang Jawa Barat. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Sulityorini NR, Saprudin Darwis R, Gutama Arie Surya (2015). Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug. Share Social Work Jurnal Volume 5 Nomor 1, ISSN : 2339-0042

Widiyaningrum P, Lisdiana.(2014).Efektifitas Proses Pengomposan Sampah Daun Dengan Tiga Sumber Aktivator Berbeda. Semarang.Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ