PEDULI KESEHATAN MATA LANSIA DI WILAYAH PAMULANG BARAT KOTA TANGERANG SELATAN

Tri Rahayu, Velda Ardia

Abstract


Mata merupakan bagian dari panca indera manusia yang sangat berharga. Melalui mata kita bisa melihat dunia, membaca pengetahuan, dan sebagainya. Melalui mata, kita bisa menyambung kehidupan sehari-hari kita. Lanjut usia merupakan bagian dari proses kehidupan yang tidak dapat dihindari dan akan dialami oleh setiap manusia. Seiring dengan pertambahan usia, banyak lanjut usia mempunyai masalah dengan fungsi fisiologis tubuhnya. Salah satunya perubahan sensoris yang ditandai dengan masalah penglihatan yaitu penurunan penglihatan yang terjadi seiring proses penuaan. Tujuan ini untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dan memberikan kemudahan untuk melihat pada lanjut usia di wilayah Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan pendataan lansia, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan yang telah kami lakukan dan melakukan kegiatan pemberian kacamata gratis pada lansia yang membutuhkan kacamata dan menemukan adanya katarak pada beberapa lansia di lingkungan Pamulang Barat. Dengan adanya pendataan terhadap lansia, hasil data-data tersebut dapat digunakan untuk menentukan tindakan selanjutnya terhadap para lansia serta dapat digunakan sebagai refrensi untuk kegiatan selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. (2015). Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Situasi Gangguan Penglihatan dan Kebutaan. Jakarta Selatan.

http://www.yankes.kemkes.go.id/read-masalah-kesehatan-pada-lansia-4884.html (diakses pada tanggal 23 Agustus 2019, pukul 18.06)

Supriyantoro. 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta : Kemesntrian Kesehatan RI

Pheasant S. 1991. Ergonomic, Works and Health. USA : Aspen Publisher

Hanum. I. 2008. Efektivitas Penggunaan Screen pada Monitir Komputer Untuk Mengurangi Kelelahan Mata Pekerja Call Centre di PT. Indosat NSR Tahun 2008

Rumah Sakit Umum Daerah. 2018 artikel-kesehatan-mata-penjelasan-lengkap-secarahttps://bulelengkab.go.id/detail/artikel/artikel-kesehatan-mata-penjelasan-lengkap-secara-umu-12 diakses pada 08 Januari 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ