PENYULUHAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI LINGKUNGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH ALHUSNIYAH KELURAHAN RAWABUNTU

Adlan Fauzi Lubis, Adinda Permata Sari, Eliza Nur Septiani, Haniyah Meitara

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menjadi salah satu dampak dari pengetahuan yang kurang bagi masyarakat baik orang dewasa maupun anak-anak sekolah dini. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menjadi salah satu faktor penyebab tingginya kasus penyebaran penyakit menular seperti penyakit Demam Berdarah, diare, cacingan dan lainnya. Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bertujuan untuk membiasakan peserta didik sejak dini dapat membangun kesadaran perilaku sehat pada anak. Kegiatan mencuci tangan merupakan suatu kebiasaan yang perlu ditanamkan pada anak sejak masih di bangku sekolah dasar untuk meningkatkan gaya hidup sehat. Pesan-pesan ini dalam rangka penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini di harapkan siswa-siswi dapat lebih  mudah di pahami dan mendorong anak-anak untuk berinteraksi langsung dengan cara mempraktikan kegiatan mencuci tangan pada media tersebut segingga mendukung program gaya hidup bersih dan sehat. Hasil yang di dapat ialah kegiatan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat berjalan dengan baik dan siswa-siswi sekolah madrasah aktif mengikuti penyuluhan dan pelatihan tersebut sampai selesai. Pada penyuluhan ini dilakukan dengan interaktif baik dengan peserta. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Dadap Kelurahan Rawabuntu Tangsel dapat berjalan dengan lancar dan peserta yang mengikuti penyuluhan dapat bekerja sama dengan baik. Terbentuknya mindset dan motivasi yang tinggi dari siswa untuk melakukan hidup sehat dapat diketahui melalui tingginya animo anak-anak untuk melakukannya dalam kehidup sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Banun, T.S. 2016. Hubungan antara Pengetahuan PHBS dengan Hidup Bersih dan Sehat siswa SD Tamanan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi. 14.

Gunarsa RI. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan 12. Jakarta: Gunung Mulia.

Jhonson, Ruth dan Taylor, Wendy. 2002. Buku Ajaran Praktik Kebidanan. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Julrisam, Umboh. 2013. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah Pada Siswa Kelas Akselerasi di SMPN 8 Manado. Manado: Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ