KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN SERUA INDAH KECAMATAN CIPUTAT TANGERANG SELATAN

Retnowati WD Tuti, Della Sascia Erinda Dwi Putri, Fadh Fawaz, Khefil Buldansyah, Muhammad Abduh, Faisal Rizkyanto, Sofia Nabila, Aisyah Aisyah, Nailisma Nailisma, Ayu Amelia, Adinda Oktaviani, Ridho Budi Prasodja, Muslikhatun Khodijah, Livia Zerra

Abstract


Latar belakang masalah, pelayanan publik di Indonesia dikenal buruk, reformasi birokrasi berjalan, namun pelayanan publik jalan di tempat. Kelurahan Serua Indah juga dikeluhkan oleh warganya, petugas kurang ramah dalam memberikan pelayanan, tidak ada kursi untuk menunggu berkas. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan aparatur kepada masyarakat di Kelurahan Serua Indah kecamatan Ciputat Tangerang Selatan. Pisau Analisis yang digunakan adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Metode yang digunakan adalah Metode Diskriptif, dengan Pendekatan Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik Pengambilan Informan dengan Purposif. Data dianalisis Miles Hubberman. Uji Keabsahan Data dengan Triangulasi. Hasil Pengabdian Masyarakat, menyatakan bahwa Responsiveness dan Tangible yang masih kurang baik, sementara Reliability, Emphaty dan Assurance cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Salemba Humanika. Jakarta

Arikuno, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian (Pendekatan Penelitian). Rineka Cipta. Jakarta

Arikuno, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Rineka Cipta. Jakarta

Basrowi dan Asuwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Jakarta

Bluman, A.G. 2012. Elementary Statistic: A Step By Step Approach. McGrawHill. New York.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenama Media Grup. Jakarta

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan

Publik. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno. 1998. Statistik Jilid I. Rineka Cipta. Jakarta

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Masyhuri dan Zainuddin,M. 2008. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Rafika Aditama. Bandung

Mustopadidjaja, AR. 2003. Sistem Administrasi Negara Kesatuan republic Indonesia. LAN. Jakarta

Moleong, J, Lexy DR.MA. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASKAT Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ