KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN SERUA INDAH KECAMATAN CIPUTAT TANGERANG SELATAN

Penulis

  • Retnowati WD Tuti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Della Sascia Erinda Dwi Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fadh Fawaz Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khefil Buldansyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Abduh Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Faisal Rizkyanto Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sofia Nabila Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aisyah Aisyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nailisma Nailisma Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ayu Amelia Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adinda Oktaviani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ridho Budi Prasodja Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muslikhatun Khodijah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Livia Zerra Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Latar belakang masalah, pelayanan publik di Indonesia dikenal buruk, reformasi birokrasi berjalan, namun pelayanan publik jalan di tempat. Kelurahan Serua Indah juga dikeluhkan oleh warganya, petugas kurang ramah dalam memberikan pelayanan, tidak ada kursi untuk menunggu berkas. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan aparatur kepada masyarakat di Kelurahan Serua Indah kecamatan Ciputat Tangerang Selatan. Pisau Analisis yang digunakan adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Metode yang digunakan adalah Metode Diskriptif, dengan Pendekatan Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik Pengambilan Informan dengan Purposif. Data dianalisis Miles Hubberman. Uji Keabsahan Data dengan Triangulasi. Hasil Pengabdian Masyarakat, menyatakan bahwa Responsiveness dan Tangible yang masih kurang baik, sementara Reliability, Emphaty dan Assurance cukup baik.

Referensi

Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Salemba Humanika. Jakarta

Arikuno, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian (Pendekatan Penelitian). Rineka Cipta. Jakarta

Arikuno, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Rineka Cipta. Jakarta

Basrowi dan Asuwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Jakarta

Bluman, A.G. 2012. Elementary Statistic: A Step By Step Approach. McGrawHill. New York.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenama Media Grup. Jakarta

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan

Publik. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno. 1998. Statistik Jilid I. Rineka Cipta. Jakarta

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Masyhuri dan Zainuddin,M. 2008. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Rafika Aditama. Bandung

Mustopadidjaja, AR. 2003. Sistem Administrasi Negara Kesatuan republic Indonesia. LAN. Jakarta

Moleong, J, Lexy DR.MA. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-07

Terbitan

Bagian

Articles