KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN SERUA INDAH KECAMATAN CIPUTAT TANGERANG SELATAN
Abstract
Latar belakang masalah, pelayanan publik di Indonesia dikenal buruk, reformasi birokrasi berjalan, namun pelayanan publik jalan di tempat. Kelurahan Serua Indah juga dikeluhkan oleh warganya, petugas kurang ramah dalam memberikan pelayanan, tidak ada kursi untuk menunggu berkas. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan aparatur kepada masyarakat di Kelurahan Serua Indah kecamatan Ciputat Tangerang Selatan. Pisau Analisis yang digunakan adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Metode yang digunakan adalah Metode Diskriptif, dengan Pendekatan Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik Pengambilan Informan dengan Purposif. Data dianalisis Miles Hubberman. Uji Keabsahan Data dengan Triangulasi. Hasil Pengabdian Masyarakat, menyatakan bahwa Responsiveness dan Tangible yang masih kurang baik, sementara Reliability, Emphaty dan Assurance cukup baik.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Salemba Humanika. Jakarta
Arikuno, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian (Pendekatan Penelitian). Rineka Cipta. Jakarta
Arikuno, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Rineka Cipta. Jakarta
Basrowi dan Asuwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Jakarta
Bluman, A.G. 2012. Elementary Statistic: A Step By Step Approach. McGrawHill. New York.
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan
Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenama Media Grup. Jakarta
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan
Publik. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Hadi, Sutrisno. 1998. Statistik Jilid I. Rineka Cipta. Jakarta
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.
Masyhuri dan Zainuddin,M. 2008. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Rafika Aditama. Bandung
Mustopadidjaja, AR. 2003. Sistem Administrasi Negara Kesatuan republic Indonesia. LAN. Jakarta
Moleong, J, Lexy DR.MA. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================