Pemberdayaan Usaha Mikro melalui Pemasaran di Media Sosial

Dahlia Nauly, Kurnia Fitrianisa, Astia Rahmawati, M. Febri Luthfi A, Sokheh Fahrudin, Cut Siti Aisyah, M. Rofi Fadhila, Chairul Afwan, Alfrida Sasmita Kurniati, Siti Masitoh, Nia Nahdiah, Ibnu Alfaridzi, Henny Handayani, Smarenes Wandira, Anik Sarah Pratiwi, Mutia Ika Setyawati

Abstract


Pandemi Covid 19 telah berdampak besar pada pemasaran usaha mikro. Pembatasan sosial (social distancing) menyebabkan pelaku usaha mikro tidak dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggannya. Hal ini menyebabkan omzet penjualan dari usaha mikro mengalami penurunan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pendampingan. Mitra yang ikut serta dalam kegiatan ini ada 14 orang pelaku usaha.  Kontribusi praktis pengabdian masyarakat ini adalah mengedukasi pemilik usaha mikro untuk tidak lagi ragu menggunakan media sosial dalam pemasaran produk.


Full Text:

PDF

References


Aliansyah, MR. dan Ali, DSF. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). Jurnal e-Proceeding of Management, 4(3): 3123-3130.

Arsriani, IAI., dan Darma, GS. 2013. Peran Media Sosial Online Dan Komunitas Terhadap Keputusan Nasabah Bank, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10 (2): 48-68.

Buntoro, GA., Astuti, IP., Ariyadi, D. 2019. IbM Workshop Pembuatan Souvenir dan Cara Pemasaran Online di Desa Bulu Lor. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2 (2): 143-149

Carr, CT., dan Hayes, RA. 2015. Social Media: Defining, Developing, and Devining, Atlantic Journal and Comunication, 26 (7): 88.

Harto, D., Pratiwi, SR., Utomo, MN., Rahmawati, M. 2019. Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UMP, 3 (1): 39-45.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2019. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar Tahun 2017-2018. Diakses tanggal 8 Agustus 2020 melalui http://www.depkop.go.id/data-umkm

Kurniawati, D. dan Arifin, N. 2015. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2): 193-198.

Pearce, JA., dan Robinson, RB. 2013. Strategic Management: Formulation, Implementation and Control Manajemen Strategis (12th ed). Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ