Pemberdayaan Usaha Mikro melalui Pemasaran di Media Sosial

Authors

  • Dahlia Nauly Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Kurnia Fitrianisa Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Astia Rahmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Febri Luthfi A Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sokheh Fahrudin Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cut Siti Aisyah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Rofi Fadhila Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Chairul Afwan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alfrida Sasmita Kurniati Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Masitoh Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nia Nahdiah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ibnu Alfaridzi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Henny Handayani Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Smarenes Wandira Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anik Sarah Pratiwi Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mutia Ika Setyawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pandemi Covid 19 telah berdampak besar pada pemasaran usaha mikro. Pembatasan sosial (social distancing) menyebabkan pelaku usaha mikro tidak dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggannya. Hal ini menyebabkan omzet penjualan dari usaha mikro mengalami penurunan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pendampingan. Mitra yang ikut serta dalam kegiatan ini ada 14 orang pelaku usaha.  Kontribusi praktis pengabdian masyarakat ini adalah mengedukasi pemilik usaha mikro untuk tidak lagi ragu menggunakan media sosial dalam pemasaran produk.

Author Biographies

Dahlia Nauly, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kurnia Fitrianisa, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Astia Rahmawati, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

M. Febri Luthfi A, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sokheh Fahrudin, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Cut Siti Aisyah, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

M. Rofi Fadhila, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Chairul Afwan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Alfrida Sasmita Kurniati, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siti Masitoh, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nia Nahdiah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ibnu Alfaridzi, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Henny Handayani, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Smarenes Wandira, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Anik Sarah Pratiwi, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mutia Ika Setyawati, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Aliansyah, MR. dan Ali, DSF. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). Jurnal e-Proceeding of Management, 4(3): 3123-3130.

Arsriani, IAI., dan Darma, GS. 2013. Peran Media Sosial Online Dan Komunitas Terhadap Keputusan Nasabah Bank, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10 (2): 48-68.

Buntoro, GA., Astuti, IP., Ariyadi, D. 2019. IbM Workshop Pembuatan Souvenir dan Cara Pemasaran Online di Desa Bulu Lor. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2 (2): 143-149

Carr, CT., dan Hayes, RA. 2015. Social Media: Defining, Developing, and Devining, Atlantic Journal and Comunication, 26 (7): 88.

Harto, D., Pratiwi, SR., Utomo, MN., Rahmawati, M. 2019. Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UMP, 3 (1): 39-45.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2019. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar Tahun 2017-2018. Diakses tanggal 8 Agustus 2020 melalui http://www.depkop.go.id/data-umkm

Kurniawati, D. dan Arifin, N. 2015. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2): 193-198.

Pearce, JA., dan Robinson, RB. 2013. Strategic Management: Formulation, Implementation and Control Manajemen Strategis (12th ed). Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2021-02-25