Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk

Naswandi Nur, Listiyani Lia Wijayanti

Abstract


Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Kota Tangerang Selatan terhadap sebuah usaha mikro (UMKM) dengan nama usaha Dapur Nagih. Penyebaran COVID-19 yang melanda Indonesia secara langsung berdampak negatif terhadap pelaku usaha mikro di Indonesia khususnya di Kota Tangerang Selatan. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah baik pusat maupun daerah secara signifikan mengurangi akses konsumen ke para pelaku usaha mikro tersebut. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan pemilik usaha dalam berjualan melalui media jejaring sosial. Pengabdian ini dilakukan melalui kegiatan pendampingan meliputi pembuatan dan pelatihan penggunaan media sosial dalam penjualan produk serta pemantauan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah pendampingan menunjukkan peningkatan akses konsumen kepada usaha mikro binaan yang diindikasikan dengan meningkatnya pesanan dan omset usaha mikro binaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pelaku usaha mikro lainnya yang terdampak pandemi COVID-19 dan menjadi solusi dari masalah UMKM yang ada.


Full Text:

PDF

References


DEPKOP. 2020. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. http://www.depkop.go.id/data-umkm. Diakses 20 September 2020.

Kurniati D. 2020. Efek Corona, Jokowi Beri Kelonggaran Cicilan Kredit Hingga 1 Tahun. DDTC News. https://news.ddtc.co.id/efek-corona-jokowi-beri-kelonggaran-cicilan-kredit-hingga-1-tahun--19773. Diakses 20 September 2020.

Mckibbin W & Fernando R. 2020. The global macroeconomic impacts of COVID-19: Seven scenarios. SSRN Electronic Journal. 10.2139/ssrn.3547729.

Pakpahan AK. 2020. Covid-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. 10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Restari DMI. 2020. Pandemi Corona, Ini 5 Keluhan Para Pelaku Bisnis UMKM. Jurnal Entrepreneur. https://www.jurnal.id/id/blog/keluhan-para-pelaku-bisnis-umkm-saat-corona/. Diakses 20 September 2020.

Ryan D, Page CJK. 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice volume 10, pages384–387. https://doi.org/10.1057/dddmp.2009.7

SIRCLO. 2020. Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19. https://www.sirclo.com/strategi-mempertahankan-bisnis-di-tengah-pandemi-covid-19/. Diakses 20 September 2020.

Sohrabi C, Alsafi Z, O'Neill N, Khan M, Kerwan A, Al-Jabir A, Iosifidis C, Agha R. 2020. World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). Int J Surg. 76:71-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ