Pembelajaran Online Google Classroom sebagai Dukungan terhadap Pembatasan Jarak Sosial di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Lorenta In Haryanto Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  • Rosdiana Rosdiana Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  • Sularno Sularno Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  • Sudirman Sudirman Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  • Meisanti Meisanti Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menginisiasi dengan cepat kebijakan di dunia pendidikan, khususnya terhadap sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka langsung menjadi sistem tatap muka jarak jauh (online). Sistem pembelajaran online telah diadaptasi bukan hanya di lembaga pendidikan formal, tetapi juga lembaga pendidikan non formal seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), salah satunya PKBM di Kecamatan Sebatik. Kegiatan pelatihan e-learning dilaksanakan dengan tujuan memberikan pendampingan pada anggota PKBM di Kecamatan Sebatik dalam penerapan pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom serta mengevaluasi apakah peserta mendapatkan manfaat dari pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan menggunakan metode demonstrasi dan konsultasi. Evaluasi terhadap kegiatan dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 39 peserta dan data dianalisis secara Statistik Deskriptif. Model yang digunakan dalam evaluasi kegiatan adalah Model Usability Nelson (1993). Hasil dari analisis menunjukkan bahwa kebermanfaatan aplikasi Google Classroom berada dalam kategori baik yang artinya peserta mendapatkan manfaat dari dilaksanakannya pelatihan ini. Adapun perubahan yang diidentifikasi dari adanya pelatihan ini adalah pemahaman dan ketrampilan terhadap pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom; meliputi kegiatan bagi pengajar seperti mempersiapkan kelas, memberikan tugas, memberikan umpan balik, melakukan penilaian, dan kegiatan bagi siswa berupa mengunduh dan mengumpulkan file serta melihat nilai tugas.

Author Biographies

Lorenta In Haryanto, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Rosdiana Rosdiana, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Sularno Sularno, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Sudirman Sudirman, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Meisanti Meisanti, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

References

Adnan, F., Prasetyo, B., & Nuriman, N. (2017). Usability testing analysis on the Bana game as education game design references on junior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 88–94. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9597

Agung, A. S. N., Surtikanti, M. W., & Quinones, C. A. (2020). Students’ Perception of Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case Study on the English Students of STKIP Pamane Talino. SOSHUM : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 10(2), 225–235. https://doi.org/10.31940/soshum.v10i2.1316

Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The effectiveness of Google classroom as an instructional media: A case of state islamic institute of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227

Alimuddin, Rahamma, T., & Nadjib, M. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Univeristas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), 387–398. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/635

Bayarmaa, N., & Lee, K. (2018). A study on the application of the Google Classroom for problem-based learning. Journal of the Korea Academia-Industrial, 19(7), 81–87. https://www.researchgate.net/publication/340308006_A_Study_on_the_Application_of_Google_Classroom_for_Problem-Based_Learning

Fitriningtiyas, D. A., Umamah, N., & Sumardi. (2019). Google classroom: as a media of learning history. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012156

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12–18. http://jesoc.com/wp-content/uploads/2016/03/KC3_35.pdf

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan e-learning di era revolusi industri 4.0 untuk menekan penyebaran Covid-19. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/9847

Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring PKBM Budi Utama Surabaya pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 38–44. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/15174

Kurniawan, B., Purnomo, A., & . I. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai upaya peningkatan pembelajaran online bagi guru matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236

Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. California: Morgan Kaufmann. https://doi.org/10.1145/142750.142834

Okmawati, M., & Tanjak, D. (2020). The use of Google Classroom during pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048/1526

Pusvyta, S. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Quro, 6(2), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048/1526

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Paket C vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal UNESA, 6(2), 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/19586/17904

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/

Sarwono, J. (2014). Riset skripsi dan tesis dengan SPSS 22. Jakarta: PT Elex Media Computindo.

Schneider, S. L., & Council, M. L. (2020). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of Dermatological Research, 0123456789, 3–4. https://doi.org/10.1007/s00403-020-02088-9

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s responses on learning in the early COVID-19 pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153

Wati, T., Seta, H. B., & Isnainiyah, I. N. (2017). Pengukuran Usability dan evaluasi e-learning untuk program pelatihan bagi tenaga kependidikan. Journal Pekommas, 2(2), 177–184. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020208

Downloads

Published

2021-02-25