Pembelajaran Online Google Classroom sebagai Dukungan terhadap Pembatasan Jarak Sosial di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 telah menginisiasi dengan cepat kebijakan di dunia pendidikan, khususnya terhadap sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka langsung menjadi sistem tatap muka jarak jauh (online). Sistem pembelajaran online telah diadaptasi bukan hanya di lembaga pendidikan formal, tetapi juga lembaga pendidikan non formal seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), salah satunya PKBM di Kecamatan Sebatik. Kegiatan pelatihan e-learning dilaksanakan dengan tujuan memberikan pendampingan pada anggota PKBM di Kecamatan Sebatik dalam penerapan pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom serta mengevaluasi apakah peserta mendapatkan manfaat dari pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan menggunakan metode demonstrasi dan konsultasi. Evaluasi terhadap kegiatan dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 39 peserta dan data dianalisis secara Statistik Deskriptif. Model yang digunakan dalam evaluasi kegiatan adalah Model Usability Nelson (1993). Hasil dari analisis menunjukkan bahwa kebermanfaatan aplikasi Google Classroom berada dalam kategori baik yang artinya peserta mendapatkan manfaat dari dilaksanakannya pelatihan ini. Adapun perubahan yang diidentifikasi dari adanya pelatihan ini adalah pemahaman dan ketrampilan terhadap pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom; meliputi kegiatan bagi pengajar seperti mempersiapkan kelas, memberikan tugas, memberikan umpan balik, melakukan penilaian, dan kegiatan bagi siswa berupa mengunduh dan mengumpulkan file serta melihat nilai tugas.References
Adnan, F., Prasetyo, B., & Nuriman, N. (2017). Usability testing analysis on the Bana game as education game design references on junior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 88–94. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9597
Agung, A. S. N., Surtikanti, M. W., & Quinones, C. A. (2020). Students’ Perception of Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case Study on the English Students of STKIP Pamane Talino. SOSHUM : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 10(2), 225–235. https://doi.org/10.31940/soshum.v10i2.1316
Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The effectiveness of Google classroom as an instructional media: A case of state islamic institute of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227
Alimuddin, Rahamma, T., & Nadjib, M. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Univeristas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), 387–398. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/635
Bayarmaa, N., & Lee, K. (2018). A study on the application of the Google Classroom for problem-based learning. Journal of the Korea Academia-Industrial, 19(7), 81–87. https://www.researchgate.net/publication/340308006_A_Study_on_the_Application_of_Google_Classroom_for_Problem-Based_Learning
Fitriningtiyas, D. A., Umamah, N., & Sumardi. (2019). Google classroom: as a media of learning history. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012156
Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12–18. http://jesoc.com/wp-content/uploads/2016/03/KC3_35.pdf
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan e-learning di era revolusi industri 4.0 untuk menekan penyebaran Covid-19. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/9847
Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring PKBM Budi Utama Surabaya pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 38–44. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/15174
Kurniawan, B., Purnomo, A., & . I. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai upaya peningkatan pembelajaran online bagi guru matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. California: Morgan Kaufmann. https://doi.org/10.1145/142750.142834
Okmawati, M., & Tanjak, D. (2020). The use of Google Classroom during pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048/1526
Pusvyta, S. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Quro, 6(2), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048/1526
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Paket C vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal UNESA, 6(2), 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/19586/17904
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/
Sarwono, J. (2014). Riset skripsi dan tesis dengan SPSS 22. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Schneider, S. L., & Council, M. L. (2020). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of Dermatological Research, 0123456789, 3–4. https://doi.org/10.1007/s00403-020-02088-9
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s responses on learning in the early COVID-19 pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153
Wati, T., Seta, H. B., & Isnainiyah, I. N. (2017). Pengukuran Usability dan evaluasi e-learning untuk program pelatihan bagi tenaga kependidikan. Journal Pekommas, 2(2), 177–184. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020208