Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar
Abstract
Di era globalisasi yang semakin canggih, tantangan zaman menuntut agar semua dikembangkan, termasuk memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas serta didukung pembiasaan yang positif yaitu dengan menumbuhkan literasi dalam kehidupan sehari-hari. Proses pengenalan dan perkembangan literasi tanam harus dimulai sejak usia dini agar pembiasaan ini dapat melekat pada setiap individu. Jiwa konsumtif yang menginginkan segala sesuatunya serba instan dengan memanfaatkan alat-alat tertentu untuk mempermudah pekerjaan dan dapat mengefisienkan waktu menjadi kendala bagi masyarakat untuk menumbuhkan literasi. Masalah ini menyebabkan minat baca generasi penerus menurun. Karya sastra sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Terbukti dengan banyaknya karya yang telah dihasilkan, salah satunya adalah dongeng. Dongeng merupakan karya literasi yang dihasilkan oleh nenek moyang sebelumnya sebagai salah satu bentuk budaya sastra. Penciptaan dongeng ini merupakan upaya untuk menggerakkan budaya literasi dari generasi penerus. Budaya literasi dengan membaca dongeng merupakan upaya orang tua untuk membantu anak usia dini dalam mengembangkan potensi diri dan mengajarkan pengalaman hidup karena di masa "keemasan" anak berkembang dalam meniru.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Aulia, Membudayakan Literasi dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 1, 2017.
Artana, I. K. (2017). Anak, Minat Baca, Dan Mendongeng. Acarya Pustaka, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12733
Heru Kurniawan, Kreatif Mendongeng untuk Kecerdasan Jamak Anak, 2016)
Mubarak, hasan. Integrasi kemampuan berbahasa dalam proses pengembangan kemampuan menulis. Jakarta. 2010
Patimah, P. (2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Pada Jenjang Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.123
Riana Mardina, Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives, Prosiding Conference Paper. May 2017. https://www.researchgate.net/publication/326972240
Shauqi, akhmad. “upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui pendekatan whole language. Gorontalo.2015
Suci rahmadani. 2015. Upaya meningkatkan kemampuan menceritakan kembali melalui metode mendongeng. Sekolah guru Indonesia. Gorontalo
Sumaryanti, L., Literasi, M., & Anak, P. (2018). p-ISSN: 2654-6329 e-ISSN: 2548-9992. 03(1), 117–125.
Ufie, A. (2011). Kearifan Lokal (local Wisdom) Budaya Ain Ni Ain Masyarakat Kei Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Untuk Memperkokoh Kohesi Sosial Siswa. Repository.Upi.Edu, 39–55.
Yunus Maulana. 2008. Mudahnya menulis, ayo menulis. Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================