Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19

Venni Herli Sundi, Tiara Astari, Hastri Rosiyanti, Adila Ramadhani

Abstract


Covid-19 merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini dapat dengan mudah tertular pada sesama manusia. Oleh karena itu, dengan adanya Covid-19, pemerintah menegakkan aturan berupa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. PSBB membuat banyak kegiatan yang berada di luar ruangan dihentikan sementara, salah satunya yaitu kegiatan sekolah, sehingga anak-anak belajar di rumah secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring membuat anak kesulitan dalam memahami pelajaran, serta cepat menimbulkan kebosanan pada saat belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk mengefektifkan penggunaan Edpuzzle dan WhatsApp selama masa pandemi, dan membantu anak-anak meningkatkan motivasi sehingga anak mampu memahami pelajaran yang ada. Melalui Edpuzzle dan WhatsApp, anak bisa mendapat ilmu serta pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dalam waktu kurang dari 2 bulan. Terdapat 6 video yang tersedia di Edpuzzle dan diskusi melalui WhatsApp. Pengabdian ini mampu membantu masyarakat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan motivasi belajar di masa pandemi.


Full Text:

PDF

References


Nursamsu (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2): 165 - 170.

Dindin Sobiruddin (2019). Pengembangan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif Bagi Guru dan Siswa Raudhathul Athfal (RA). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4:8-18.

Amaliah (2020). Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’ Analytical Thinking Skill In Narrative Text. Jurnal Ilmu Bahasa Inggris dan Sastra Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunajaya. 14:1

Silverajah, Giita, S, V. (2018). The Use Edpuzzle to Support Low-Archiever’s Development of Self-Regulated Learning and their Learning of Chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers. 18:4

Sirri, L, E. & Lestari, P. 2020. Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 5(20), 67-72.

Aula, T, M (2020). Improving Students’ Listening Skill Using Edpuzzle E-Learning As A Tool. Skripsi, Teacher Training and Education Facuulty, English Education Departement, IAIN Salatiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ