Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Venni Herli Sundi PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419
  • Tiara Astari PG-PAUD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419
  • Hastri Rosiyanti Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419
  • Adila Ramadhani Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Abstrak

Covid-19 merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini dapat dengan mudah tertular pada sesama manusia. Oleh karena itu, dengan adanya Covid-19, pemerintah menegakkan aturan berupa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. PSBB membuat banyak kegiatan yang berada di luar ruangan dihentikan sementara, salah satunya yaitu kegiatan sekolah, sehingga anak-anak belajar di rumah secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring membuat anak kesulitan dalam memahami pelajaran, serta cepat menimbulkan kebosanan pada saat belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk mengefektifkan penggunaan Edpuzzle dan WhatsApp selama masa pandemi, dan membantu anak-anak meningkatkan motivasi sehingga anak mampu memahami pelajaran yang ada. Melalui Edpuzzle dan WhatsApp, anak bisa mendapat ilmu serta pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dalam waktu kurang dari 2 bulan. Terdapat 6 video yang tersedia di Edpuzzle dan diskusi melalui WhatsApp. Pengabdian ini mampu membantu masyarakat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan motivasi belajar di masa pandemi.

Biografi Penulis

Venni Herli Sundi, PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Tiara Astari, PG-PAUD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

PG-PAUD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Hastri Rosiyanti, Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Adila Ramadhani, Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Referensi

Nursamsu (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2): 165 - 170.

Dindin Sobiruddin (2019). Pengembangan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif Bagi Guru dan Siswa Raudhathul Athfal (RA). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4:8-18.

Amaliah (2020). Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’ Analytical Thinking Skill In Narrative Text. Jurnal Ilmu Bahasa Inggris dan Sastra Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunajaya. 14:1

Silverajah, Giita, S, V. (2018). The Use Edpuzzle to Support Low-Archiever’s Development of Self-Regulated Learning and their Learning of Chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers. 18:4

Sirri, L, E. & Lestari, P. 2020. Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 5(20), 67-72.

Aula, T, M (2020). Improving Students’ Listening Skill Using Edpuzzle E-Learning As A Tool. Skripsi, Teacher Training and Education Facuulty, English Education Departement, IAIN Salatiga.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-25

Terbitan

Bagian

Articles