Pelatihan Pembuatan Flyer Promosi untuk Menunjang Digital Marketing pada Klinik Kesehatan
Abstract
Klinik sebagai salah satu instansi kesehatan perlu melakukan promosi untuk memperluas jangkauan pelayanan, mengidentifikasi kebutuhan pasien dan memberikan edukasi kesehatan terhadap masyarakat. Altha Medika merupakan salah satu klinik yang terdapat di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang dalam proses promosinya masih menggunakan cara konvensional. Klinik ini juga masih menggunakan pihak ketiga dalam membuat media promosi yang menyebabkan biaya untuk melakukan promosi menjadi bertambah. Biaya tersebut dapat diminamilisir apabila Klinik Altha Medika membuat media promosi secara mandiri dan mempromosikannya melalui kanal digital. Kendala yang dihadapi oleh Klinik Altha Medika adalah pegawai klinik belum memiliki kemampuan untuk membuat media promosi secara mandiri. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengmas) ini, Tim pengmas Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memberikan sosialisasi mengenai pentingnya promosi secara digital bagi instansi kesehatan dan pelatihan pembuatan flyer promosi menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan diikuti oleh empat orang pegawai dan manajemen Klinik Altha Medika. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring, peserta menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan efektif. Selain itu, peserta juga menyatakan bahwa pelatihan yang diberikan sudah sangat sesuai dengan kebutuhan digital marketing di Klinik Altha Medika. Peserta juga dapat memahami materi yang diberikan dan merasa sangat mudah dalam mengikuti tutorial pembuatan flyer. Di akhir pelatihan, pegawai Klinik Altha Medika berhasil membuat media promosi berupa flyer secara mandiri dan semakin mantap untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana promosi.
Full Text:
PDFReferences
Kotsenas, A. L., Arce, M., Aase, L., Timimi, F. K., Young, C., & Wald, J. T. (2018). The Strategic Imperative for the Use of Social Media in Health Care. Journal of the American College of Radiology Vol 15, 155-161. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1546144017311808
Kurniawati, D., & Waluyo, Y. S. (2019). Pelatihan Teknik Copy Writing dalam Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pengusaha Micro yang Tergabung dalam WOOBIZ. Mitra Akademia, 21-25.
Puniawan, I. E., Joshua, J. W., & Kurniawati, N. S. (2018). Workshop dan Pelatihan Bidang Pemasaran Digital Bagi Siswa SMK dan SMA Harapan Denpasar. SINAPTEK (pp. 2017-2020). LP2M - UNDHIRA BALI.
Radu, G., Solomon, M., Gheorghe, C., Hostiuc, M., Bulescu, I., & Purcarea, V. (2017). The adaptation of health care marketing to the digital era. Journal of Medicine and Life Vol 10 Issue 1, 44-46.
Rony, N. F., & Panuju, R. (2018). Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. Jurnal Komunikasi Profesional Vol 2 No 2, 120-128.
StClergy, K. D. (2019). Digital Marketing for Private Practice: How to Attract New Patients. Seminars in Hearing Vol 40 Issue 3, 260-269.
Subramaniam, R. K., Singhal, A., & Hopkinson, P. (2019). Role of Digital Marketing to Enhance Medical Tourism of Dubai. 2nd International Conference on Tourism Research (pp. 330-336). Porto: Academic Conferences and Publishing International Limited Reading.
Zaman, A. N., As'adi, M., Rizal, R., & Mahfud, H. (2020). Pemberdayaan dan Pelatihan Desain Grafis Bisnis Kekinian pada Desa LIMO. Jurnal Widya Laksana, 6-10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================