Efektivitas Implementasi Video Tips Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

Yasin Efendi, Sriyanti Rahmatunnisa, Ahmad Fadly, Mega Kurnia Robbi

Abstract


Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus atau sindrom pernapasan yang akut yaitu coronavirus 2 (serever acute resipiratory syndrome coronavirus 2 atau SARSCoV -2). Covid-19 telah menyebar keseluruh dunia. Terdapat 213 Nergara yang terjangkit virus Covid-19 termasuk Negara Indonesia. Penyakit tersebut menyebar secara cepat kedaerah-daerah di Indonesia. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 Negara Indonesia mengambil tindakan untuk merubah sistem pendidikan yang seharusnya tatap muka menjadi pembelajaran daring. Akibatnya banyak siswa yang merasa kesulitan belajar dari rumah selama pandemi Covid-19.  Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Efektivitas Implementasi Video Tips Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19”. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan berbagai macam tindakan-tindakan yang peneliti lakukan selama pengabdian masyarakat. Penelitian ini memiliki persentase rata-rata nilai akhir sebesar 92,08% berdasarkan tabel kriteria hasil perhitungan termasuk kedalam rentang interval yang berarti implementasi video tips belajar  sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish,1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep .2020.000075.1

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37.

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta. Nadiem Anwar Makarim.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. In Walisongo Journal of Information Technology (Vol. 1).

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 12(3), 385–392.

World O Metters. Retrieved Sept 26, 2020, website: https://www.worldometers.info/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ