Pemanfaatan Website Sebagai Media Informasi Online TK ABA 1, 2 dan 3 Pringsewu Dalam Masa Pandemic Covid-19

Ummul Habibah Hasyim, Reddy Oktariawan, Ika Kurniaty, Lusi Andiriyani, Muhammad Sahrul

Abstract


Indonesia juga menjadi Negara yang menghadapi kondisi pandemic virus corna 19 (covid 19) yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat. Salah satu yang terkena dampak cukup besar adalah dunia pendidikan. Dimana sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi harus merubah pola belajarnya dengan metode online atau dalam jaringan (daring). Hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi sebagian penyelenggara pendidikan. Tidak semua sekolah siap dengan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Salah satu kebutuhan teknologi yang menjadi pokok dalam metode daring adalah website, dimana website menjadi hal yang sudah seharusnya dimiliki masing-masing penyelenggara pendidikan mulai dari PAUD,SD,SMP,SMU hingga perguruan tinggi. Dari website banyak manfaat yang dapat diambil, diantaranya adalah menjadi sarana belajar online, promosi diri masing-masing sekolah, menampilkan prestasi sekolah, dan juga tentunya sebagai pusat informasi yang dapat dijangkau oleh siapa saja dan dimana saja. Berdasarkan situasi ini dosen yang memiliki kemampuan pengetahuan teknologi dapat mengambil peran dengan memberikan pendampingan dan pengetahuan terhadap pengelolaan website bagi kepentingan masing-masing sekolah. TK Aisyiyah 1, 2 dan 3 Pringsewu Lampung menjadi mitra yang dipilih untuk mendapatkan pendampingan dalam membangun website sekolah. Metode yang dilaksanakan adalah dengan pelatihan dan praktik. Kegiatan  dilaksanakan dalam termin waktu 5 sesi beserta pendampingan jangka panjang secara berkala. Sasaran yang hendak dicapai adalah website sekolah yang dapat menjadi pusat informasi.


Full Text:

PDF

References


Alan Budi Kusum, A. Y. (2020). Implementasi dan Analisis Server Big Blue Button Dalam Pemanfaatan Meeting Online Pada Masa Pandemic. Walingsongo Journal of Information Technology, 2(1), 127.

Christian A, H. S. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Frameworkd Bootdstarp (Studi Kasus SMP Negri 6 Prabumulih). J Sisfokom (Sistem informasi dan komputer), 7(1), 22.

Despa Ayuni, T. M. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414.

Hardyanto, R. H. (2016). Pengembangan dan Implementasi E-learning Menggunakan Moodle dan Vicon Untuk Pelajaran Pemrograman Web Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 43.

Praditya DA, S. B. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress untuk merancang website sebagai media promosi pada maroon wedding Malang. Akuntasi, Ekon dan Manaj Bisnis, 2(1), 63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ