PENYULUHAN LITERASI DAKWAH DIGITAL BAGI KALANGAN MILENIAL MUSLIM

Authors

  • Salshabila Mega Riharsya Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zhafirah Rizqi Aqila Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sinno Sultan Bagaskara Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Khaerul Muttaqien Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Dewasa ini, keberadaan media sosial sudah menjadi sebuah kebutuhan. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, melainkan juga sebagai media dakwah. Dakwah melalui media sosial bukan hanya sebagai tren, namun juga gaya hidup di era digital.  Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini mendeskripsikan 1) optimalisasi media digital untuk dakwah, dan tantangan da’i dalam menghadapi era milenial. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini deskriptif kualitatif. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa akun Instagram @pecinta_shalawat24 mengoptimalisasikan penggunaan media sosial sebagai media dakwah melalui beberapa strategi, yaitu: 1) menyebarkan ilmu dan menanamkan kepercayaan kepada masyarakat; 2) membentuk tim khusus untuk mengelola penyebaran dakwah melalui website dan media sosial; 3) membuat website yang berisi tanya jawab seputar permasalahan yang dihadapi masyarakat; 4) mengemas pesan-pesan dakwah dan menyebarluaskannya melalui Instagram. Untuk menghadapi tantangan-tantangan dakwah di era digital, akun Instagram @pecinta_shalawat24 berusaha untuk memasyarakatkan dan melogikan ilmu.

Author Biographies

Salshabila Mega Riharsya, Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Zhafirah Rizqi Aqila, Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sinno Sultan Bagaskara, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

M. Khaerul Muttaqien, Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Sultoni, Achmad. Ahmad Munjin Nasih. Lilik Nur Kholidah. (2020). Kajian Konten Media Sosial untuk Penguatan Literasi Dakwah Islam Moderat Guru dan Santri di Pesantren. Jurnal Karinov. 3 (3), 174-180.

Farhan. Muhammad. Yahya. (2019). Dakwah ‘Virtual’ Masyarakat Bermedia Online. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 4 (2), 249-259.

Sari, Linda Purnama. Noviandi. Puspita Chairun Nisa. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Google Meet Sebagai Media Dakwah pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdimas. 7 (3), 264-267.

Nikmah, Faridhatun. (2020). Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 2 (1), 45-52.

https://news.nusamandiri.ac.id/index.php/artikel/baca/458/Pemanfaatan-Media-Online-dan-Mobile-Computing-Sebagai-Sarana-Dakwah-Di-Masa-Pandemik-Pada-Mitra-DKM-Jami-Darul-Hikmah

Downloads

Published

2021-10-28