SOSIALISASI MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR DI SDN BARENGKOK 01

Authors

  • Vira Herma Rahayu Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anggun Prasasti Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alfrida Hermawati Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Helmi Akmal Pradwika Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Istisari Bulan Lageni Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

hidup dan menyelesaikan permasalahan yang dialami masyarakat. Kegiatan dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan aktivitas berbasis pengabdian masyarakat untuk meningkatkan empati mahasiswa terhadap kondisi masyarakat dan lingkungannya. KKN 48 Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta Selatandilaksanakan di Desa Barengkok Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor dengan menggunakan metode pengabdian seperti sosialisasi, pelatihan, penyuluhan, praktek, pendampingan kelompok dan pemberian paket cuci tangan. Tujuan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mitra untuk melaksanakan cuci tangan dengan baik dan benar. Hasil yang didapat menunjukkan adanya respon positif siswa dan partisipasi aktif mitra yang tinggi di antaranya mengikuti program yakni 5 langkah mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar, penyuluhan menjaga polahidup sehat dan bersih. Sebanyak lebih dari 90% siswa berpartisipasi dalam kegiatan. Dalam kegiatan ini membuka pikiran mereka untuk melakukan pola hidup sehat dan bersih

Author Biographies

Vira Herma Rahayu, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Anggun Prasasti, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Alfrida Hermawati, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Helmi Akmal Pradwika, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Istisari Bulan Lageni, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah JakartaIlmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Ahmad Azmy. 2015. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Mencapai Career Ready Profesional Di Universitas Tanri Abeng. Jurnal Binus Business Review 6(2), 220-232

Ali, Muhammad. 2000. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

BP-KKN. 2016. Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung

Dubois, D., Rothwell, J. W. 2004. Competency Based Human Resource Management. Davies-Black Publishing

David Berry. 2003. Pokok-pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dina Kusniah. 2017. Studi Perkembangan Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Mahasiswa Calon Guru PAI UIN Walisongo Semarang Tahun Akademik 2016/2017. Thesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Fida’ Ahmad dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jakarta: Rineka Cipta.

George Herbert Mead. 2015. Mind, Self, and Society, diedit oleh Charles Wiliam, London : The University of the Chicago Press Hofrichter, D. A., Spencer, L. M., Jr. 1996. Competencies: The right foundation for effective human resources management. Compensation and Benefits Review, 28(6): 21-24

IkaMauliDiayawati. 2017. Pengaruh Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Ketrampilan Komunikasi Sosial Mahasiswa UINSA (Studi Pada Mahasiswa Peserta KKN Gelombang II UINSA Tahun 2016). Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Joko, N. H. (2005). Urgensi Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2): 51-58.

Mathis, L. R. Jackson, H. J. 2011. Human Resource Management. South Western: Cengage Learning.

Miftah Thoha . 2012. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara

http://eprints.umpo.ac.id/1267/2/BAB%201.pdf

Downloads

Published

2022-11-20