Pentingnya Mencegah CyberBullying pada Pelajar di Lini Pendidikan dan Sosial Media di Desa Sasak Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat

Authors

  • Imam Luthfi Thufail Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Hayyun Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pada era modern ini, banyak terdapat perubahan perilaku seseorang khususnya pelajar yang diakibatkan oleh pergaulan serta lingkungan pada keseharian yang berdampak pada bullying di sekolah maupun di tempat bermain. Cyberbullying adalah tindakan negatif yang dilakukan seseorang atau kelompok tertentu dengan cara mengirimkan pesan teks, foto, kata-kata, dan video ke akun media sosial seseorang dengan tujuan untuk menyindir, menghina, melecehkan, mendiskriminasi bahkan mempersekusi individu. Yang berdampak pada aktifitas pelajar disekolah maupun diluar sekolah. Ringkasan hasil penelitian menunjukkan bahwasannya motif para pelajar dengan sesama rekannya melakukan tindakan cyberbullying adalah ketidaksukaan terhadap seseorang yang mengakibatkan para pelaku menyindir dengan kalimat-kalimat negatif yang terkesan kurang etis dan diskrimintaif, yang salah satu tujuannya adalah untuk menghibur para user internet dan menganggap bahwa tindakan cyberbullying adalah hal yang wajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat serta kontribusi dalam pencegahan tindakan bullying pada seseorang dan treatment yang harus dilakukan.

References

Rabiyati. (2019). PERMASALAHAN KRISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN Handitya,

Iedam Fardian Anshori. Syarif Hidayatulloh. Risan Viargi Selvi Yulianti (2019). Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja

Rahmiwati Marsinun & Dody Riswanto*. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial Youth Cyberbullying Behavior in Social Media

Ariefa Efianingrum, Siti Irene Astuti Dwiningrum (2020) Riana Cyberbullying pelajar SMA di media sosial 144-153.

Downloads

Published

2023-10-26