MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TAHSIN DAN TAJWID

Authors

  • Ninda Nadia Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sabar Analisis Zega Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Thoriq Hartawan Salim Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Abriel Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nurul Fadia Prameswari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Puan Dinaphia Yunan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an dengan Tahsin dan Tajwid. Membaca Al-Qur’an dapat melisankan atau melafalkan apa yang tertulis di dalam kitab suci Al-Qur'an dengan benar sesuai dengan makhraj dan kaidah ilmu tajwid sehingga kita mengetahui membaca Alquran harus benar serta tahu makhrojul huruf maupun kapan harus berhenti dan lanjut, sehingga sempurna pelafalan Al-Qur'an. PCA Komplek Slipi memiliki 2 amal usaha yaitu TK Aisyiyah 6 Komplek Slipi dan Yatim & Dhuafa sehingga kegiatan ni menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan. Menurut Dedy Mulyana penelitian lapangan (field Research) adalah jenis penelitian yang mempelajari fenomena dalam lingkungannya yang alamiah yang diadakan Tim KKN Kelompok Slipi mengajarkan bacaan Al-Qur’an setiap hari senin malam di Masjid Al-Muhajirin Jakarta Barat yang memiliki 27 anak yatim dan dhuafa.

Author Biographies

Ninda Nadia, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sabar Analisis Zega, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Thoriq Hartawan Salim, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Abriel, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nurul Fadia Prameswari, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Puan Dinaphia Yunan, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Aliyyah, R. R. et al. (2018). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.

Fitri Anasari, Addy Suyatno, Indah Fitri Astuti. (2015). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital. Jurnal Informatika Mulawarman.Vol. 10 No. 1.

Sada Heru Juabdin (2015) Pendidikan Dalam Prespektif Al –Quran Volume 6,. Lampung.

Zarkasiy, D.S. 1989. Pelajaran Ilmu Tajwid Praktis. Semarang: Yayasan Pendidikan al-Qur’an Raudatul Mujawwidin.

Dedy Mulyana. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-10-26