SOSIALISASI ALUR PASIEN TB DI RS. ISLAM JAKARTA SUKAPURA

Penulis

  • Risky Akaputra Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rizqa Haerani Saenong Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Putri Anugrah Rizki Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tri Wahyuni Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mieke Marindrawati Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Faradila Ajeng Kariswanti Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tengku Syarifah Luthfia Rikzhan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Urgensi pasien merujuk pada tingkat kebutuhan atau keparahan kondisi kesehatan seseorang yang memerlukan perhatian medis segera. Menilai urgensi pasien adalah bagian penting dari proses pelayanan kesehatan, karena hal ini menentukan prioritas dalam penanganan dan perawatan. Berikut adalah beberapa aspek yang menunjukkan urgensi pasien dan pentingnya manajemen yang tepat dalam konteks Kesehatan. Tujuan alur pasien di rumah sakit (RS) adalah untuk memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang efektif, efisien, dan aman. Alur pasien mencakup berbagai tahapan dari saat pasien masuk rumah sakit hingga mereka keluar, tiap tahapan dalam alur pasien bertujuan untuk meningkatkan kualitas perawatan dan pengalaman pasien di rumah sakit, serta memastikan keselamatan dan kepuasan mereka. Luaran Target pada pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran pasien maupun keluarga pasien tentang alur proses penting untuk memastikan pasien dan keluarga mereka memahami apa yang akan terjadi selama perawatan, serta hak dan kewajiban mereka. Secara keseluruhan, sosialisasi pasien bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak yang terlibat memiliki pemahaman yang jelas dan memadai tentang perawatan yang diberikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepuasan pasien dan hasil perawatan Hasil pengabdian masyarakat diantaranya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat, Peserta mendapatkan penjelasan rinci mengenai alur pasien TB di RS Islam Jakarta Sukapura dimana Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai TB serta alur penanganannya di RS Islam Jakarta Sukapura, sehingga dapat membantu dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit TB di komunitas.

Biografi Penulis

Risky Akaputra, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rizqa Haerani Saenong, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Putri Anugrah Rizki, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tri Wahyuni, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mieke Marindrawati, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faradila Ajeng Kariswanti, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tengku Syarifah Luthfia Rikzhan, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

S. G. Devasia. manajemen kasus TB dari diagnosis hingga perawatan dan tindak lanjut. Springer. 2019

Carol Haraden, K. R. N. Duncan. Improving Patient Safety in Your Practice. Joint Commission Resources. 2015

L. E. Nelson, P. J. Williams. Strategies for Effective Patient Education in Healthcare Settings. Journal of Healthcare Management. 2020.

Tuberculosis Infection Control in Hospitals. World Health Organization (WHO). 2020

Patient Safety and Quality Improvement Guidelines. Institute for Healthcare Improvement (IHI). 2018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-28

Terbitan

Bagian

Articles