Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Aspar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419
  • Imam Mujtaba Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419
  • Mutiarani Mutiarani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419
  • Amilia Zulfita Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Abstract

Di era globalisasi yang semakin canggih, tantangan zaman menuntut agar semua dikembangkan, termasuk memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas serta didukung pembiasaan yang positif yaitu dengan menumbuhkan literasi dalam kehidupan sehari-hari. Proses pengenalan dan perkembangan literasi tanam harus dimulai sejak usia dini agar pembiasaan ini dapat melekat pada setiap individu. Jiwa konsumtif yang menginginkan segala sesuatunya serba instan dengan memanfaatkan alat-alat tertentu untuk mempermudah pekerjaan dan dapat mengefisienkan waktu menjadi kendala bagi masyarakat untuk menumbuhkan literasi. Masalah ini menyebabkan minat baca generasi penerus menurun. Karya sastra sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Terbukti dengan banyaknya karya yang telah dihasilkan, salah satunya adalah dongeng. Dongeng merupakan karya literasi yang dihasilkan oleh nenek moyang sebelumnya sebagai salah satu bentuk budaya sastra. Penciptaan dongeng ini merupakan upaya untuk menggerakkan budaya literasi dari generasi penerus. Budaya literasi dengan membaca dongeng merupakan upaya orang tua untuk membantu anak usia dini dalam mengembangkan potensi diri dan mengajarkan pengalaman hidup karena di masa "keemasan" anak berkembang dalam meniru.

Author Biographies

Muhammad Aspar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Imam Mujtaba, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Mutiarani Mutiarani, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Amilia Zulfita, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

References

Akbar, Aulia, Membudayakan Literasi dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 1, 2017.

Artana, I. K. (2017). Anak, Minat Baca, Dan Mendongeng. Acarya Pustaka, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12733

Heru Kurniawan, Kreatif Mendongeng untuk Kecerdasan Jamak Anak, 2016)

Mubarak, hasan. Integrasi kemampuan berbahasa dalam proses pengembangan kemampuan menulis. Jakarta. 2010

Patimah, P. (2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Pada Jenjang Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.123

Riana Mardina, Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives, Prosiding Conference Paper. May 2017. https://www.researchgate.net/publication/326972240

Shauqi, akhmad. “upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui pendekatan whole language. Gorontalo.2015

Suci rahmadani. 2015. Upaya meningkatkan kemampuan menceritakan kembali melalui metode mendongeng. Sekolah guru Indonesia. Gorontalo

Sumaryanti, L., Literasi, M., & Anak, P. (2018). p-ISSN: 2654-6329 e-ISSN: 2548-9992. 03(1), 117–125.

Ufie, A. (2011). Kearifan Lokal (local Wisdom) Budaya Ain Ni Ain Masyarakat Kei Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Untuk Memperkokoh Kohesi Sosial Siswa. Repository.Upi.Edu, 39–55.

Yunus Maulana. 2008. Mudahnya menulis, ayo menulis. Yogyakarta

Downloads

Published

2021-02-25