PELATIHAN HOSPITALITY TRAINING BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DESA WISATA RINDU HATI

Penulis

  • Diyas Widiyarti Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu
  • Heni Nopianti Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu
  • Ika Pasca Himawati Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Abstrak

Adanya keramahan di suatu daerah menjadi daya tarik yang sangat besar bagi wisatawan, baik yang tujuannya untuk mencari hiburan wisata, pelayanan prima dari kelompok sadar wisata yang menunjang kebutuhan setiap wisatawan, yang menjadi kunci keberhasilan suatu pariwisata. atau tujuan. Ciri-ciri tersebut terlihat dengan adanya keterbukaan masyarakat untuk memahami peran dan fungsinya berdasarkan pengelolaan desa wisata berbasis masyarakat, dalam rangka mendukung sektor ekonomi yang berkelanjutan. Metode meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi dan praktek langsung. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi dan memberikan motivasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan di masa pandemi ini. Metode diskusi digunakan sebagai media komunikasi pada saat sosialisasi berlangsung sehingga terjadi komunikasi dua arah antara masyarakat dengan penyaji. Metode demonstrasi digunakan dalam memberikan contoh praktik langsung menjadi pemandu wisata. Hasil kegiatan kelompok 90% peserta terdiri dari kelompok sadar wisata, ibu-ibu PKK, aparat desa dan pemuda dari desa Rindu Hati. Antusiasme peserta terlihat dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 30 orang.

Biografi Penulis

Diyas Widiyarti, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Heni Nopianti, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Ika Pasca Himawati, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Referensi

Ismayanti. (2010). ”Pengantar Pariwisata”. Jakarta: PT Gramedia

Panduan Pelaksanaan Sadar Wisata, (2009). Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.

Roger, Anthea and Judy Slinn (1993), Tourism Management of Facilities. London Pitman Publishing.

Suherian, Herlan dan Yono Budhiono. (2013). Psikologi Pelayanan Di Bidang Pariwisata dan Hospitality serta di Berbagai Bidang Bisnis lainnya. Bandung: Media Perubahan.

Suwantoro., (1997), Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit ANDI Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-28

Terbitan

Bagian

Articles