PENGEMBANGAN POTENSI SISWA/I RAUDHATUL ATHFAL (RA) MELALUI PENGAJARAN, PHBS, DAN SOSISALISASI MINAT BAKAT

Penulis

  • N Shifa Romadhon Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Muhammadiyah Jakarta
  • Fidella A Julian Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hanifah Fajriah Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Henny Wijayanti Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di RA Al-Maimunah ini mengenai minat bakat siswa dalam memilih profesi serta pengajaran PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang dimana siswa-siswi ini belum mengetahui minat bakat dalam memilih profesi serta pentingnya PHBS di lingkungan sekolah, maka dari itu kegiatan ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, kemudian memperkenalkan berbagai profesi, lalu mengungkapkan gambaran profesi yang diinginkan siswa-siswi. Dan penyuluhan tentang cara cuci tangan yang baik dan benar dengan sabun dan air mengalir, makan sayur dan buah setiap hari, pilih jajanan yang bersih dan sehat, buang sampah di tempat sampah,berolahraga secara teratur.

Biografi Penulis

N Shifa Romadhon, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Muhammadiyah Jakarta

Fidella A Julian, Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hanifah Fajriah, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Henny Wijayanti, Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020, 01). MENGIDENTIFIKASI MINAT BAKAT SISWA SEJAK. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2, 161-169. Retrieved 08 18, 2022, from https://core.ac.uk/download/pdf/322517289.pdf

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162-169. doi:10.31004/obsesi.v2i2.76

Maryatun, I. B. (2017, 06). PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK. JURNAL PENDIIDKAN ANAK, 6(1). Retrieved 08 18, 2022, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/15679/9727

Widaningsih, E. (2012). PENDIDIKAN KARAKTER PADA TAMAN KANAK KANAK. Cakrawala dini jurnal pendidikan anak usia dini, 3(2). Retrieved 08 17, 2022, from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10335/6387

Wijayanti, W. (2008). PERAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK KANAK. RELAWAN JURNAL INDONESIA, 1. Retrieved 08 18, 2022, from https://journal.uny.ac.id/index.php/foundasia/article/view/5872/5077

Mahfud M.N. (2021). Pengelolaan pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling kak Seto solo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 9(2), 117-119. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/39408

Mardhiati R. (2019). Pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak usia dini. Jurnal Ikraith-Abdimas. 3(2), 134-135.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-20

Terbitan

Bagian

Articles