PENDAMPINGAN ANAK USIA DINI DAN PENERAPAN PENDIDIKAN MENTAL ANAK MELALUI PUBLIC SPEAKING DAN STORY TELLING
Abstrak
Keterampilan public speaking pada anak harus dibina, dilatih dan dikembangkan secara terus-menerus. Public speaking memerlukan persiapan yang lebih dari sekedar berbicara,karena sifatnya yang bertujuan untuk berkomunikasi tentang sesuatu topik di hadapan banyak orang untuk mempengaruhi, mengajak, mengubah opini, dan memberi informasi. Karenanya diadakannya sebuah pelatihan mengenai public speaking pada anak- anak agar mereka mengetahui pentingnya memiliki keterampilan public speaking dan meningkatkan keterampilan tersebut. Terlebih ketika telah terjun di masyarakat akan banyak dibutuhkan dimasa mendatang.Referensi
Desmarita Khairoes1, Taufina. 2019. “Penerapan Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar.” Research & Learning in Elementary Education : Jurnal Basicedu 3 (4) : 1039.
https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-public-speaking/
Intan Hamzah, Achmad Yudi Wahyudi, dkk. 2022. “Pendampingan Pembelajaran Public Speaking Bagi Siswa-Siswi MAN 1 Lampung Tengah.” Yayasan Lavandata Dharma Bali : Jurnal WIDYA LAKSMI 2 (2) : 77.
Muhammad Hasyim, Irwan D.W. 2014. “Pelatihan Public Speaking Pada Remaja dan Anak-Anak Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.” SPM : Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 3 (2): 96.
Prita.S.Nurcandrani, Bunga Asriandhini, dkk. 2020. “Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara Pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto.” Univ. Amikom Purwokerto : Jurnal Abdi MOESTOPO 03 (01) : 27.
Tantiasih. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Speaking Melalui Metode Story Telling.” Radar Semarang : Artikel Jawapos.