SOSIALISASI DAN EDUKASI : PENTINGNYA CITA-CITA PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Laida Sumarni Lubis Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Askhia Kellik Sri Warna Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ai Wulan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummah Karimah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ayuhan Ayuhan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Fenomena yang terjadi saat ini adalah kurangnya wawasan anak tentang cita-cita di masa modern yang seharusnya mudah untuk mendapatkan informasi. Kegiatan ini harus dilakukan agar anak dapat merencanakan masa depannya dengan lebih baik lagi. Tim melakukan beberapa metode dimulai dari mencari tahu seberapa jauh anak mengenal cita-cita, lalu dilanjutkan dengan menjelaskan cita-cita kepada anak, kemudian melihat perkembangan anak tentang pengetahuan cita-cita, setelah itu tim memastikan kembali cita-cita masing-masing anak, dan yang terakhir mewarnai profesi yang mereka inginkan. Hasilnya anak-anak lebih mengerti tentang apa yang telah dijelaskan oleh tim mengenai cita-cita dan ternyata mereka dapat lebih paham dan mengerti dibanding sebelumnya. Ada anak yang pada awalnya memiliki sebuah cita-cita yang tidak wajar menjadi ke sebuah profesi yang wajar

Biografi Penulis

Laida Sumarni Lubis, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Askhia Kellik Sri Warna, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ai Wulan, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ummah Karimah, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ayuhan Ayuhan, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Adi, A.PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING PEMAHAMAN KARIR PADA SISWA SD NEGERI 9 BATUR DALAM PENGENALAN BERBAGAI PROFESI UNTUK MENENTUKA CITA-CITA.

Aldrian, A. I. A., Hidayah, N., Kurniati, S. B., Amanda, M., & Hidayatullah, S. (2020). POCITA: Mengenalkan Cita-Cita dan Lingkungan Sejak Dini. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 181–186.

Hidayatul Fitroh, L. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Prayogi, B. PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF RUCICIT (RUMAH CITA-CITA) PADA TEMA 6 CITA-CITAKU SUBTEMA 1 AKU.

Septio Asmar, R., Kurniaman, O., & Hermita, N. (2019). ANALISIS MOTIVASI INTRINSIK BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 1 KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU (Vol. 3).

Utari Dewi, T. Training On Making Dream Trees For Improving Student Learning Motivation. In Maret (Vol. 4, Issue 1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-26

Terbitan

Bagian

Articles