PEMBIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD BAITURRAHMAN) DI KAMPUNG KERANGGAN RT. 012 RW. 005 KELURAHAN KERANGGAN, KECAMATAN SETU, KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN.

Penulis

  • Zahra Hilwa Riansyah Gumay Prodi Hukum, Fak. Ilmu Hukum , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
  • Anggraini Ardiana Prodi Kesehatan Masyarakat, Fak. Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lilik Sumarni Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan peserta didik atasdasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksiatau hubungan timbal-balik antara guru dan peserta didik merupakan syarat utama bagi berlangsungnya prosesbelajar mengajar. Interaksi dalam proses belajar mengajar mempunyai arti yang lebih luas, tidak sekedar hubunganantara guru dengan peserta didik, tetapi berupa interaksi edukatif. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakankegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskansebelum pengajaran dilakukan. Metode pendekatan sebagian besar di lakukan secara offline dengan menggunakanprotokol kesahatan seperti Peraktik cuci tangan dalam menjaga PHBS, Pengenalan dasar rambu-rambu lalu lintas,senam kebugaran, pelatihan keteampilan mewarnai, Membaca Iqro, Belajar Berhitung dan Membaca,Pembelajaran Agama, serta Pembelajaran Bahasa Inggris. Dari hasil yang di dapatkan meningkatkan pengetahuan,kecerdasan, dan meningkatkan bakat serta minat anak usia dini. kegiatan belajar mengajar di PAUD BaiturrahmanKeranggan, dimana membantu para guru dalam menciptakan dan membuat suasana baru bagi anak-anak sertamateri-materi baru yang lebih menarik perhatian anak-anak

Biografi Penulis

Zahra Hilwa Riansyah Gumay, Prodi Hukum, Fak. Ilmu Hukum , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta

Prodi Hukum, Fak. Ilmu Hukum , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta

Anggraini Ardiana, Prodi Kesehatan Masyarakat, Fak. Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Kesehatan Masyarakat, Fak. Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Lilik Sumarni, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran.

Bandung: Alfabeta.

Ibrahim Muhammad Al-Maghazi,

Menumbuhkan Kreativitas Anak, (Jakarta:

Cendir. H. kia, 2005)

Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh

Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap

Perkembang an Psikologis Anak Usia

Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan

Semarang: FKIP Universitas Negeri

Semarang

Moh.Uzer Usman. 2006. Menjadi Guru

Professional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan

Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak

Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS

Wiwin Dinar Pratisti, Psikologi Anak Usia Dini,

(Jakarta: Indeks 2008)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-26

Terbitan

Bagian

Articles