PELATIHAN MENGENAL DAN MEMPELAJARI CANVA DASAR BAGI PELAJAR DI YAYASAN DESA HIJAU PAMULANG

Penulis

  • Andini Desti Nur Rahmadina Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Septy Wulandari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rahmat Aulia Syarif Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ummul Habibah Hasyim Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ihsanil Husna Jurusan Profesi Dokter, Fakultas kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Perkembangan dunia digital yamg semakin maju membuat semua orang harus terus mengikuti perkembangannya baik orang dewasa maupun pelajar sekalipun, namun tidak selamanya perekembangan digital mengarahkan kepada hal yang positif terutama bagi anak-anak remaja atau pelajar. Hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan orang dewasa dan minimnya pengetahuan orang tua terhadap dunia maya dan digital. Permasalahan itu kami amati saat melakukan survei di Yayasan Desa Hijau dimana beberapa anak remaja sudah menggunakan smartphone apalagi sejak pandemi banyak kegiatan yangmengoptimalkan pembelajaran menggunakan zoom dari rumah. Diluar itu penggunaan smartphone untuk zoom dan komunikasi mereka memakainya hanya untuk bermain mobile game tanpa tau banyak sekali aplikasi yang bermanfaat. Progam kegiatan mengenal dan mempelajari Canva dasar ini merupakan salah satu bentuk memperkenalkan aplikasi yang bermanfaat dan berguna dalam dunia digital dan pembelajaran di sekolah karena memiliki fungsi yang banyak. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penelitian kualitatif  yaitu metode yang menemukan dan menggambarkan secara naratif kegiatan atau kejadian dan dampak dari kegiatan yang diakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah abservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, yaitu penyederhanaan data atau memilah data sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat menghasilkan informasi yang bermakna dan memudahkan penarikan kesimpulan.

Biografi Penulis

Andini Desti Nur Rahmadina, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Septy Wulandari, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rahmat Aulia Syarif, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ummul Habibah Hasyim, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ihsanil Husna, Jurusan Profesi Dokter, Fakultas kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Profesi Dokter, Fakultas kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Fitria, Ramadhan. (2022). Poster Digital Berbasis Canva. Sumatra Barat: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Resmini, S., Satriani, I., dan Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi,Vol 4 (2) 335-343. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859

Sholeh, M., Rachmawati, Y., Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol 4(1). Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/2983

Ngongo, V L., Hidayat, T., Wiyanto. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3093/2912

Arifa, N F. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dri Rumah Dalam Masa Drurat Covid-19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, Vol XII, No. 7/I/Puslit/April/2020. Retrieved from https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-630-989-20200707165734.pdf

Canva. (n.d). Retrieved August 13,2020, from Canva Website: https://www.canva.com/id_id/situs-web/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-26

Terbitan

Bagian

Articles