PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BONEKA TANGAN” UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN BACA AMALIA, PONDOK AREN

Authors

  • Putri Rachmawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Jakarta
  • Atika Ab’ur Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Jakarta
  • Adhara Putri Prasanty Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta
  • Muhammad Zayyan Abhinaya Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta
  • Rusjdy Sjakyakirti Arifin Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara dosen dengan mahasiswa. Tujuan program kegiatan ini adalah membantu anak-anak (usia dini) meningkatkan literasi dan kreativitas serta mampu bereksplorasi dalam dunia belajar maupun bermain. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMJ Kelompok 33 yaitu dengan memberikan pemahaman mengenai pendidikan literasi (membaca dan menulis) di Taman Baca Amalia, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kegiatan ini adalah wujud dari program kerja bidang pendidikan, yaitu adanya edukasi tentang upaya mengembangkan kreativitas belajar anak usia dini melalui menggambar atau mewarnai serta media pembelajaran boneka tangan. Selain itu, demi mewujudkan generasi yang unggul dan berakhlak mulia dibuatlah program Baca Tulis Qur’an atau mengaji. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu membangun serta meningkatkan anak-anak usia dini untuk mengenal luas kegiatan belajar dengan aktif, kreatif, dan eksploratif

Author Biographies

Putri Rachmawati, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Atika Ab’ur, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Adhara Putri Prasanty, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Muhammad Zayyan Abhinaya, Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta

Rusjdy Sjakyakirti Arifin, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Jacoby, Jennifer Walace dan Noni K Lesaux. 2017. “Language and Literacy Instruction in Preshcool Clases that Serve Latino Dual Lianguage Learners” dalam International Journal Early Chilhood Research Quarterly.

Morrison, George S. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

SK. Rektor No. 498 Tahun 2020 Tentang Pedoman Kuliah Kerja Nyata. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Suwandi, Sarwiji. 2019. Pendidikan Literasi. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Suwandi, Surwadji. 1998. Minat Baca Siswa SD dan Upaya Orang Tua untuk Menumbuh-kembangkannya. Laporan Penelitian FKIP UNS Surakarta.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Komptensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidayah (MI). Jakarta.

Clay, M. 2001. Change Over Time in Children’s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.

Hamdani. 2019. “Laporan ‘World Most Literate Nation’, Indonesia Darurat Literasi Membaca. Kompasiana.com https://www.kompasiana.com/cangkoiburong/5c4ec840c112fe193a7a94a5/laporan-most-littered-nation-in-the-world-indonesia-darurat-literasi-membaca?page=all diunduh 19 Agustus 2022

Downloads

Published

2022-10-26